Gd Lingga, Ananta Kusuma Putra
(2011)
ANIMASI DAN CD INTERAKTIF SEBAGAI SARANA PROMOSI SD SARASWATI 2 DENPASAR.
Artikel Bulan Agustus (2011), 2 (8).
p. 1.
Preview |
|
PDF (ANIMASI DAN CD INTERAKTIF SEBAGAI SARANA PROMOSI SD SARASWATI 2 DENPASAR)
- Published Version
Download (83kB)
| Preview
|
Abstract
Unsur Visual Desain
1. Bentuk Fisik
Animasi ini hasil file jadinya berformat AVI dan disimpan dalam CD-R.
2. Ilustrasi
Ilustrasi yang digunakan adalah karakter seorang murid SD Saraswati 2 Denpasar yang perannya sebagai guide memperkenalkan semua informasi yang ada di SD ini, ada juga beberapa karakter tambahan yaitu teman-temannya, guru, seorang anak dan orang tua murid. Jenis karakter yang digunakan adalah bentuk manga,
3. Teks
Pada media animasi ini, menggunakan teks selain nama SD Saraswati 2 Denpasar sendiri, ada juga syarat dan tempat pendaftaran untuk bersekolah di SD ini.
4. Huruf / Typografi
Menggunakan 1 jenis huruf, yaitu Times New Roman. Huruf jenis ini digunakan karena bentuknya yang simpel/sederhana juga mudah dibaca. Keseluruhan jenis typografi tersebut diatas dikomposisikan menurut ukuran dan keseimbangan guna mendapatkan kesatuan serta ritme yang tepat dimana nantinya dapat memberikan keseimbangan informasi yang dinamis.
5. Warna
Dalam perancangan animasi ini, menggunakan warna merah dan putih pada baju setiap murid SD Saraswatinya, Abu dan hitam pada baju guru, biru, putih, hitam pada orang tua dan anak.
6. Format
Dalam pembuatan media ini hasil akhirnya akan disimpan dalam format AVI.
Kreatif Desain
Kreatif desain merupakan proses kreatif yang terdiri dari layout/gambar kasar dan gambar detail, serta mempertimbangkan indikator serta unsur-unsur desain dan bobot penilain desain sebagai acuan desain terpilih. Dalam proses kreatif perancangan desain tas ini, dibuat 3 alternatif desain.
Desain tas ini dipilih karena jika dibandingkan dengan 2 alternatif desain yang lainnya, tata letak dan ilustrasi dalam desain ini dianggap lebih menarik, lebih banyak memenuhi kriteria desain serta paling sesuai dengan konsep perancangan yang digunakan yaitu “ceria dan informatif”. Teks yang digunakan dalam desain ini berupa slogan promosi yang singkat, jelas dan informatif. (untuk lebih jelasnya lihat lampiran)
Biaya Kreatif
HP = (S x LP) + X + B + K
HP = (Rp. 500.000 x 10) + 0 + Rp. 125.000 + Rp. 700.000= Rp. 5.825.000, -
HP : Harga pekerjaan desain
S : Upah pekerjaan perhari
LP : lama waktu yang diperlukan
X : faktor teknis (tenaga lain seperti fotografer,programer,dll)
B : Bahan yang dipakai disesuaikan dengan Animasi yang akan di burn pada CD sebanyak 50 keping
K : Konsep/Ide desain
CD Interaktif
Pada sub ini penulis akan membahas tentang visualisasi desain pembuatan media CD Interaktif yang merupakan salah satu media promosi SD Saraswati 2 Denpasar.
Unsur Visual Desain
1. Bentuk File
Bentuk File dari CD Interaktif ini adalah AVI, dan disimpan dalam bentuk CD-R.
2. Ilustrasi
Dalam perancangan media CD Interaktif ini menggunakan ilustrasi karakter yang berbentuk seorang anak SD Saraswati 2 Denpasar.
3. Teks
Pada media CD Interaktif ini, menggunakan teks berupa tombol navigasi visi dan misi, fasilitas, pengajar, ekstrakurikuler, prestasi dan penutup. Dan masing-masing navigasi memiliki teks yang berisi mengenai informasi yang berhubungan dengan SD Saraswati 2 Denpasar.
4. Huruf / Typografi
Menggunakan jenis huruf, yaitu Times New Roman. Huruf jenis ini digunakan karena bentuknya yang simpel/sederhana juga mudah dibaca.
5. Warna
Dalam perancangan pin ini menggunakan warna sebagai berikut :
- Untuk warna background menggunakan warna putih.
- Untuk ilustrasi karakter menggunakan warna merah dan putih pada pada bajunya dan kulitnya serta hitam pada rambut.
- Tulisan pada tombol navigasi didominan warna gelap seperti abu-abu dan hitam.
6. Format
Perancangan media CD Interaktif ini, hasil akhirnya akan berformat SWF dan disimpan dalam bentuk CD-R
7.Teknik
Untuk mewujudkan media ini menggunakan teknik burning CD.
Kreatif Desain
Kreatif desain merupakan proses kreatif yang terdiri dari layout/gambar kasar dan gambar detail, serta mempertimbangkan indikator serta unsur-unsur desain dan bobot penilain desain sebagai acuan desain terpilih. Dalam proses kreatif perancangan desain sampul CD Interaktif ini, dibuat 3 alternatif desain.
Desain CD Interakti ini dipilih karena jika dibandingkan dengan 2 alternatif desain yang lainnya, tata letak dalam desain ini dianggap lebih menarik, lebih banyak memenuhi kriteria desain serta paling sesuai dengan konsep perancangan yang digunakan yaitu “ceria dan informatif”.
Tampilan Desain
Dari hasil alternatif desain, dapat ditampilkan desain terpilih sebagai berikut:
Biaya Kreatif
HP = (S x LP) + X + B + K
HP = (Rp. 300.000 x 10) + 0 + Rp. 125.000 + Rp. 500.000= Rp. 3.625.000, -
HP : Harga pekerjaan desain
S : Upah pekerjaan perhari
LP : lama waktu yang diperlukan
X : faktor teknis (tenaga lain seperti fotografer,programer,dll)
B : Bahan yang dipakai disesuaikan dengan CD Interaktif yang akan di burn pada CD sebanyak 50 keping
K : Konsep/Ide desain
Actions (login required)
|
View Item |