ISI Denpasar | Institutional Repository

PIN DAN BROSUR SEBAGAI SARANA PROMOSI SD SARASWATI 2 DENPASAR

Gd Lingga , Ananta Kusuma Putra (2011) PIN DAN BROSUR SEBAGAI SARANA PROMOSI SD SARASWATI 2 DENPASAR. Artikel Bulan Agustus (2011), 2 (8). p. 1.

[img]
Preview
PDF (PIN DAN BROSUR SEBAGAI SARANA PROMOSI SD SARASWATI 2 DENPASAR) - Published Version
Download (91kB) | Preview

Abstract

Pada sub ini penulis akan membahas tentang visualisasi desain pembuatan media pin yang digunakan sebagai salah satu media promosi SD Saraswati 2 Denpasar. Unsur Visual Desain 1. Bentuk Fisik Bentuk fisik dari pin ini adalah lingkaran dengan ukuran diameter 5 cm. 2. Ilustrasi Dalam perancangan media promosi pin ini, ilustrasi yang dipergunakan adalah ilustrasi kartun Ganesha. Penggunaan ilustrasi ini bertujuan menimbulkan kesan yang menarik perhatian, sehingga sekolah ini makin dikenal masyarakat luas. 3. Teks Pada media stiker ini, menggunakan teks yang hanya berupa nama SD Saraswati 2 Denpasar. Tujuannya agar stiker terlihat lebih jelas dan menarik serta lebih mudah memberitahukan apa yang dipromosikan. 4. Huruf / Typografi Menggunakan jenis huruf Jokerman, agar lebih terkesan ceria. 5. Warna Dalam perancangan pin ini menggunakan warna hijau abu dan kuning pada ilustrasi dan backgroundnya. Pewarnaan pada ilustrasi menggunakan teknik digital painting dengan penambahan shadow agar lebih menarik dan disukai anak-anak. 6. Bahan Perancangan media pin ini menggunakan bahan plasik, plat dan pengait. 7.Teknik Cetak. Untuk mewujudkan media ini menggunakan teknik cetak digital printing. Karena teknik ini relatif cepat, praktis dan efisien. Kreatif Desain Kreatif desain merupakan proses kreatif yang terdiri dari layout/gambar kasar dan gambar detail, serta mempertimbangkan indikator serta unsur-unsur desain dan bobot penilain desain sebagai acuan desain terpilih. Dalam proses kreatif perancangan desain pin ini, dibuat 3 alternatif desain. Desain pin ini dipilih karena jika dibandingkan dengan 2 alternatif desain yang lainnya, tata letak dalam desain ini dianggap lebih menarik, lebih banyak memenuhi kriteria desain serta paling sesuai dengan konsep perancangan yang digunakan yaitu “ceria dan informatif”. Teks yang digunakan dalam desain ini berupa nama SD Saraswati 2 dan ilustrasi berupa kartun Ganesha. (untuk lebih jelasnya lihat lampiran) Nama Media : Pin Ukuran : Diameter 5cm Bahan : Plat an plastik Huruf : Jokerman Teknik : Cetak Digital Printing Dalam perancangan media promosi pin ini, ilustrasi yang dipergunakan adalah ilustrasi kartun yang bergambar Ganesha. Diharapkan nantinya pesan dan kesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat dapat tersampaikan. Pada media stiker ini, menggunakan teks berupa nama SD Saraswati 2 Denpasar sendiri, agar stiker terlihat lebih menarik dan tidak didominan oleh tulisan. Biaya Kreatif HP = (S x LP) + X + B + K HP = (Rp. 200.000 x 2) + 0 + Rp. 500.000 + Rp. 300.000= Rp. 1.200.000, - HP : Harga pekerjaan desain S : Upah pekerjaan perhari LP : lama waktu yang diperlukan X : faktor teknis (tenaga lain seperti fotografer,programer,dll) B : bahan yang dipakai K : Konsep/Ide desain Brosur Penulis akan membahas tentang visualisasi desain pembuatan media brosur yang digunakan sebagai salah satu media komunikasi visual sebagai sarana promosi SD Saraswati Denpasar. Unsur Visual Desain 1. Bentuk Fisik Bentuk fisik dari brosur ini persegi panjang dan mempunyai ukuran 29,7 x 21 cm. 2. Ilustrasi Dalam perancangan media brosur bagian luar ini, ilustrasi yang dipergunakan adalah illustrasi anak SD, denah lokasi dan foto bangunan SD Saraswati 2 Denpasar. Sedangkan di bagian dalamnya menggunakan ilustrasi yang berfungsi skaligus sebagai background, yang menggambarkan suasana ceria seorang guru dan murid-muridnya. Diharapkan nantinya pesan dan kesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat dapat tersampaikan. 3. Teks Perancangan media promosi ini menggunakan teks berupa segala informasi mengenai SD Saraswati 2 Denpasar, termasuk kegiatan-kegiatan dan ekstra kurikuler yang ada di SD Saraswati 2 Denpasar serta lokasi dan syarat penaftaran. Hal ini bertujuan agar informasi yang ada dapat tersampaikan kepada masyarakat luas. 4. Huruf / Typografi Perancangan media promosi ini menggunakan beberapa jenis huruf atau typografi, antara lain : - Pada nama SD Saraswati 2 Denpasar menggunakan jenis huruf Impact. - Pada kalimat informasi yang disampaikan menggunakan huruf Times New Roman. - Pada kalimat ajakan menggunakan huruf Freestyle. Huruf-huruf jenis ini digunakan karena bentuknya yang simpel/sederhana juga mudah dibaca. Keseluruhan jenis typografi tersebut diatas dikomposisikan menurut ukuran dan keseimbangan guna mendapatkan kesatuan serta ritme yang tepat dimana nantinya dapat memberikan keseimbangan informasi yang dinamis. 5. Warna Dalam perancangan media brosur ini menggunakan warna-warna sebagai berikut : - Untuk background menggunakan warna putih hijau dan kuning pada tampilan depan brosur dan warna sesuai illustrasi yang didominan biru dan putih pada tampilan belakang brosur. - Untuk ilustrasi logo SD Saraswati 2 menggunakan warna hitam dan putih, untuk warna ilustrasi anak-anak dan guru menggunakan warna merah, putih, coklat, abu dan hitam. - Tulisan menggunakan warna hijau. 6. Bahan Perancangan brosur ini menggunakan bahan art paper 150 gsm.Kertas art paper 150 gsm digunakan karena memiliki kualitas serta ketebalan yang baik. 7. Teknik Cetak Untuk mewujudkan media brosur ini menggunakan teknik offset. Untuk mewujudkan brosur dalam jumlah banyak, cetak offset dipilih karena harganya relatif lebih murah dan lebih bagus daripada teknik cetak lainnya. Kreatif Desain Kreatif desain merupakan proses kreatif yang terdiri dari layout/gambar kasar dan gambar detail, serta mempertimbangkan indikator serta unsur-unsur desain dan bobot penilaian desain sebagai acuan desain terpilih. Dalam proses kreatif perancangan desain brosur ini, dibuat 3 alternatif desain. Desain brosur ini dipilih karena jika dibandingkan dengan 2 alternatif desain yang lainnya, tata letak dalam desain ini dianggap lebih menarik, lebih banyak memenuhi kriteria desain serta paling sesuai dengan konsep perancangan yang digunakan yaitu “ceria dan informatif”. Teks yang digunakan dalam desain ini berupa informasi mengenai SD Saraswati 2 Denpasar. Ilustrasi yang digunakan dalam desain ini berupa ilustrasi anak-anak dan seorang guru, sehingga informasi yang ada dapat tersampaikan. (untuk lebih jelasnya lihat lampiran) Nama Media : Brosur Ukuran : 21 x 29 cm Bahan : Art Paper 150 gsm Huruf : Impact, Times New Roman dan freestyle Teknik : Cetak offset Dalam perancangan media brosur bagian depan ini, ilustrasi yang dipergunakan adalah gambar seorang anak. Sedangkan di bagian belakangnya menggunakan ilustrasi yang juga berfungsi sebagai background dengan suasana ceria seorang guru dan murid-muridnya. Diharapkan nantinya pesan dan kesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat dapat tersampaikan. Perancangan media promosi ini menggunakan teks yang berisikan informasi segala hal mengenai SD Saraswati 2 Denpasar, yaitu kegiatan-kegiatan, ekstrakurikuler, fasilitas, lokasi dan syarat pendaftaran. Bertujuan agar masyarakat mengetahui dan tertarik untuk bersekolah ataupun menyekolahkan anak mereka di SD Saraswati 2 Denpasar. Biaya Kreatif HP = (S x LP) + X + B + K HP = (Rp. 300.000 x 5) + 0 + Rp. 225.000 + Rp. 500.000= Rp. 2.225.000, - HP : Harga pekerjaan desain S : Upah pekerjaan perhari LP : lama waktu yang diperlukan X : faktor teknis (tenaga lain seperti fotografer,programer,dll) B : bahan yang dipakai disesuaikan dengan brosur yang akan dicetak sebanyak 50 lembar Berdasarkan harga cetak ukuran A3 di Bali Glits K : Konsep/Ide desain

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Publication Unit > Article
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 05:34
Last Modified: 27 Sep 2011 06:03
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item View Item