ISI Denpasar | Institutional Repository

POSTER DAN X-BANNER SEBAGAI SARANA PROMOSI SD SARASWATI 2 DENPASAR

Gd Lingga , Ananta Kusuma Putra (2011) POSTER DAN X-BANNER SEBAGAI SARANA PROMOSI SD SARASWATI 2 DENPASAR. Artikel Bulan Agustus (2011), 2 (8). p. 1.

[img]
Preview
PDF (POSTER DAN X-BANNER SEBAGAI SARANA PROMOSI SD SARASWATI 2 DENPASAR) - Published Version
Download (131Kb) | Preview

    Abstract

    Penulis akan membahas tentang visualisasi desain pembuatan media promosi poster yang digunakan sebagai salah satu media komunikasi visual sebagai sarana promosi SD Saraswati 2 Denpasar. Unsur Visual Desain 1. Bentuk Fisik Bentuk fisik dari promosi poster ini persegi panjang dan mempunyai ukuran 42 cmx 59,4 cm. Ukuran dibuat dalam ukuran kertas A2 agar poster lebih jelas terlihat, walaupun jika dilihat dari jarak yang agak jauh. 2. Ilustrasi Dalam perancangan media promosi poster ini, ilustrasi yang dipergunakan adalah gambar seorang guru yang mendampingi murid-muridnya. Digunakan ilustrasi guru dan murid yang berada dalam suasana yang menyenangkan/ceria, tujuannya agar sasaran mengetahui poster ini mempromosikan sebuah sekolah yang memiliki suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. 3. Teks Perancangan media promosi ini menggunakan teks yang isinya berupa informasi mengenai syarat pendaftaran di SD Saraswati 2 Denpasar. Sedangkan closing word menampilkan ajakan tentang promosi ini. 4. Huruf / Typografi Perancangan media promosi ini menggunakan dominan jenis huruf atau typografi yang bersifat formal/sedikit menggunakan variasi agar mudah terbaca, yaitu: Arial, Impact dan freestyle. Jenis typografi tersebut diatas dikomposisikan menurut ukuran dan keseimbangan guna mendapatkan kesatuan serta ritme yang tepat. 5. Warna Dalam perancangan media poster ini menggunakan warna sebagai berikut : - Dalam poster ini menggunakan illustrasi yang berfungsi sekaligus sebagai background. Dimana pewarnaan pada objek menggunakan warna cerah (lightness dan saturation yang tinggi) dengan menggunakan ekspresi ceria (sesuai konsep) dan warna soft pada background langitnya. Sehingga nantinya pada warna tersebut mengesankan suasana yang menyenangkan. - Logo Saraswati menggunakan warna putih dan hitam. Agar tidak menyatu dengan background sehihngga dapat terlihat jelas. - Tulisan menggunakan warna hijau. Warna tulisan ini digunakan agar terlihat lebih jelas dan sesuai dengan warna SD Saraswati 2. 6. Bahan Perancangan media poster ini menggunakan bahan art paper 210 gsm. Kertas art paper 210 gsm dipilih karena memiliki kualitas dan ketebalan yang bagus, sehingga poster lebih awet dan tidak mudah rusak. 7. Teknik Cetak Untuk mewujudkan poster dalam jumlah banyak, cetak offset dipilih karena harganya relatif lebih murah dan lebih bagus daripada teknik cetak lainnya. Kreatif Desain Kreatif desain merupakan proses kreatif yang terdiri dari layout/gambar kasar dan gambar detail, serta mempertimbangkan indikator serta unsur-unsur desain dan bobot penilain desain sebagai acuan desain terpilih. Dalam proses kreatif perancangan desain poster ini, dibuat 3 alternatif desain. Desain poster ini dipilih karena jika dibandingkan dengan 2 alternatif desain yang lainnya, tata letak dalam desain poster ini dianggap lebih menarik, lebih banyak memenuhi kriteria desain serta paling sesuai dengan konsep perancangan yang digunakan yaitu “ceria dan informatif”. Teks yang digunakan dalam desain ini berupa informasi mengenai SD Saraswati 2 Denpasar. (untuk lebih jelasnya lihat lampiran) Nama Media : Poster Ukuran : A2 (42cmx 59,4 cm) Bahan : Art paper 210 gsm Huruf : Arial, freestyle dan impact Teknik : Cetak Offset Poster outdoor atau lebih dikenal dengan jenis poster luar ini dibuat dengan bentuk persegi vertical (potrait) karena dapat menghemat tempat saat pemasangannya (ergonomis). Poster ini mengunakan konsep “ceria dan informatif”, maka dari itu menggunakan ilustrasi yang menggambarkan suasana ceria agar langsung mengena pada tema sekolah dasar yang ingin diangkat. Biaya Kreatif HP = (S x LP) + X + B + K HP = (Rp. 300.000 x 5) + 0 + Rp. 2.500.000 + Rp. 500.000= Rp. 4.500.000, - HP : Harga pekerjaan desain S : Upah pekerjaan perhari LP : lama waktu yang diperlukan X : faktor teknis (tenaga lain seperti fotografer,programer,dll) B : bahan yang dipakai disesuaikan dengan poster yang akan dicetak sebanyak 100 lembar Berdasarkan harga cetak ukuran A2 di GRT K : Konsep/Ide desain X-banner Pada sub ini penulis akan membahas tentang visualisasi desain pembuatan media X-banner yang digunakan sebagai salah satu media promosi SD Saraswati 2 Denpasar. Unsur Visual Desain 1. Bentuk Fisik Bentuk fisik dari X-banner ini adalah poly poster dengan ukuran 60 x 160 cm. 2. Ilustrasi Dalam perancangan media X-banner ini, ilustrasi yang dipergunakan adalah ilustrasi seorang guru dan murid-muridnya. Digambarkan dalam suasana yang nyaman dan ceria. 3. Teks Pada media X-banner ini, menggunakan teks yang isinya berupa syarat dan tempat pendaftaran murid baru di SD Saraswati 2 Denpasar. 4. Huruf / Typografi Menggunakan jenis huruf Arial. Huruf jenis ini digunakan karena bentuknya yang simpel/sederhana juga mudah dibaca. Keseluruhan jenis typografi tersebut diatas dikomposisikan menurut ukuran dan keseimbangan guna mendapatkan kesatuan serta ritme yang tepat dimana nantinya dapat memberikan keseimbangan informasi yang dinamis. 5. Warna - Dalam X-banner ini menggunakan illustrasi yang berfungsi sekaligus sebagai background. Dimana pewarnaan pada objek menggunakan warna cerah (lightness dan saturation yang tinggi) dengan menggunakan ekspresi ceria (sesuai konsep) dan warna soft pada background langitnya. Sehingga nantinya pada warna tersebut mengesankan suasana yang menyenangkan. - Logo Saraswati menggunakan warna putih dan hitam. Agar tidak menyatu dengan background sehihngga dapat terlihat jelas. - Tulisan menggunakan warna hijau. Warna tulisan ini digunakan agar terlihat lebih jelas dan sesuai dengan warna SD Saraswati 2. 6. Bahan Perancangan media X -banner ini menggunakan bahan poly poster. 7. Teknik Cetak Teknik cetak yang digunakan adalah teknik cetak digital. Kreatif Desain Pada proses kreatif desain media poster dibuat 3 alternatif desain yang selanjutnya dipilih salah satu sebagai desain terpilih. Desain poster ini dipilih karena memiliki lebih nilai estetis dibandingkan dengan 2 alternatif desain lainnya yang sedikit kurang menarik. Ilustrasi yang ditampilkan desain terpilih lebih dinamis dengan warna dan pencahayaan yang memiliki nilai keserasian terhadap latar belakangnya. Nama Media : X- banner Ukuran : 60 x 160 cm Bahan : Poly Poster Huruf : Arial Teknik : Cetak Digital X-Banner ini dibuat dengan kertas potrait karena lebih ergonomis dalam pemasangannya yang mana akan direntangkankan kemudian di belakangnya terdapat tiang penyangga yang berbentuk huruf X. Konsep ceria informatif ditampilkan terlihat jelas dari ilustrasi dan teks yang digunakan. Biaya Kreatif HP = (S x LP) + X + B + K HP = (Rp. 300.000 x 5) + 0 + Rp. 125.000 + Rp. 500.000= Rp. 2.375.000, - HP : Harga pekerjaan desain S : Upah pekerjaan perhari LP : lama waktu yang diperlukan X : faktor teknis (tenaga lain seperti fotografer,programer,dll) B : Bahan yang dipakai disesuaikan dengan X-Banner yang akan di buat sebanyak 3 buah, disesuaikan dengan harga di GRT K : Konsep/Ide desain

    Item Type: Article
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Publication Unit > Article
    Depositing User: Users 2 not found.
    Date Deposited: 27 Sep 2011 13:34
    Last Modified: 27 Sep 2011 14:04
    URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1089

    Actions (login required)

    View Item