ISI Denpasar | Institutional Repository

Penambahan Tatap Muka Terstruktur Dalam Pengajaran Gamelan Jawa Pada Jurusan Karawitan

Saptono, S.Sen and Hendra, Santosa (2003) Penambahan Tatap Muka Terstruktur Dalam Pengajaran Gamelan Jawa Pada Jurusan Karawitan. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
PDF (Cover penambahan tatap muka terstruktur dalam pengajaran gamelan jawa pada jurusan karawitan) - Cover Image
Download (246kB) | Preview

Abstract

Abstrak Proses belajar mengajar merupakan suatu rangkaian peristiwa yang cukup kompleks. Keberhasilan proses belajar mengajar ditentukan oleh berbagai unsure yang saling terkait satu sama lain. Salah satu unsure yang cukup berpengaruh secara signifikan adalah strategi atau metode pembelajaran. Pemilihan strategi/metode pembelajaran yang tepat akan sangat membantu tercapainya sasaran perkuliahan. Inovasi penambahan tatp muka secara terstruktur , ternyata dapat menjadikan tembusnya materi seperti yang ada dalam SAP. Metode ceramah-demontrasi yang dipergunakan, dan teori-teori pembelajaran seperti behaviorisme, kognitifisme, kontrak siswa banyak membantu dalam pelaksanaan tercapainya tujuan yang diinginkan yaitu : 1) tercapainya tujuan instruksional umum dan tujuan instruksional khusus. 2) Tercapainya materi yang diberikan dan terdapat dalam SAP kepada mahasiswa. 3) Meningkatkannya hubungan dan jumlah tatap muka dalam kelas. Untuk mengetahui efektifitas dan tingkat keberhasiln dari penerapan metode ini, data-data dikumpulkan dengan metode observasi dan data pengalaman pribadi, kemudian dideskripsikan. Data lain adalah, komparasi nilai antar semester yang dicapai oleh 19 orang mahasiswa semester V pada mata kuliah Repertoar D tahun ajaran 2001/2002 yang memperoleh nilai yang dibandingkan dengan 25 orang mahasiswa semester V tahun ajaran 2002/2003 dengan perolehan nilai A = 9 Orang / 47%, nilai B = 7 Orang/37%, nilai C = 3 Orang/16%, dengan nilai rata-rata 3,31. Setelah diterapkannya metode pengajaran inovatif pada mata kuliah Repertoar D menjadi nilai A = 16 Orang/64%, nilai B = 7 Orang/28%, dan nilai C = 2 Orang/8% dengan nilai rata-rata 3,96. Dengan demikian terdapat komparasi nilai sebesar 0,65. Hasil implementasi dari penerapan metode pengajaran ini menunjukan bahwa cara ini cukup efektif digunakan, indikasinya terlihat dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh mahasiswa sebesar 0,65 yang menunjukan angka yang cukup signifikan dalam usaha meningkatkan kualitas hasil belajar.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Karawitan Department
Depositing User: Ni Made Dwi Oktaviani
Date Deposited: 18 Jan 2012 02:04
Last Modified: 18 Jan 2012 02:04
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item View Item