ISI Denpasar | Institutional Repository

Penerapan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Metode Penelitian I

Hendra, Santosa, SSKar.,M.Hum and Wardizal, S.Sen., M.Si (2007) Penerapan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Metode Penelitian I. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
PDF (Cover Penerapan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Metode Penelitian I) - Cover Image
Download (231Kb) | Preview

    Abstract

    Abstrak Dunia pendidikan ditantang untuk dapat menghasilkan manusia-manusia yang memiliki kemampuan berpikir kritis, kreativ dan kebiasaan belajar secara terus menerus. Karena itu, dalam pendidikan yag berbasis kompetensi dewasa ini dikehendaki system pengajaran dengan metode inovatif yang memungkinkan terjadinya proses belajar dalam pencapaian pengetahuan (kognitif), terjadinya perbuatan serta pengalaman dalam pembentukan keterampilan (psikomotorik) dan selanjutnya terjadi penghayatan dalam pembentukan nilai dan sikap (affektif). Didalam metodologi pengajaran dapat diketahui, bahwa masing-masing metode memiliki keunggulan dan kelemahan. Metode ceramah misalnya memiliki keunggulan, materi dapat disampaikan secara cepat dan tepat sesuai dengan keinginan pengajar. Kelemahannya, anak didik kurang kreatif dan dianggap membosankan. Dalam proses pembelajaran deprogram studi seni karawitan khususnya pada mata kuliah Metode Penelitian I, metode pembelajaran yang dipergunakan selama ini adalah metode konvensional (ceramah). Dengan menggunakan metode ini (konvensiona), proses pembelajaran dihadapkan kepada anomaly-anomali atau kurang tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas pembelajaran, dicoba menerapkan salah satu strategi pengajaran baru (inovatif) berupa metode group investigation. Mahasiswa dilibatkan secara aktif dan kreatif didalam proses pembelajaran, sehingga lebih menarik dan dapat meningkatkan motivasi serta responbilitas anak didik dalam mengikuti perkuliahan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penerapan metode pengajaran inovatif ini adalah: 1. Untuk mengetahui peningkatan motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan 2. Untuk mengetahui peningkatan responbilitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. 3. Untuk mengethui peningkatan standar kompetensi mahasiswa terhadap materi pembelajaran. 4. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang mampu mengusik hati mahasiswa dalam membangun dan mengembangkan sikap kritis dan ilmiah. Adapun subjek dari penerapan metode inovatif ini adalah mahasiswa semester VI Jurusan Seni Karawitan tahun akademik 2006/2007. Analisis data membuktikan, bahwa hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan metode pemngajaran baru (group investigation) cukup berhasil secara signifikan. Fakta kearah itu terlihat dari nilai rata-rata akhir semester yang diperoleh oleh 20 orang mahasiswa peserta kuliah, dimana 13 orang (65%) memperoleh nilai A; 7 orang memperoleh nilai B; edan tidak ada yang memperoleh nilai C. jika menggunakan standarisasi pembobotan nilai A=4, B=3, C=2, maka secara totalitas jumlah nilai yang didapat adalah 73. Dari jumlah nilai tersebut, didapatkan rata-rata nilai mahasiswa 73:20=3,65. Bila adikomparasikan dengan interval penilaian berupa huruf termasuk katagori B+ (sangat memuaskan). Berdasarkan hasil tersebut dapat dilegtimasi bahwa metode group investigation, merupakan metode yang cukup evektif dalam proses pembelajaran mata kuliah Metode Penelitian I di Institut Seni Indonesia Denpasar, khususnya pada Program Studi Seni Karawitan. Kata Kunci : Pembelajaran, Group Investigation

    Item Type: Monograph (Documentation)
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Karawitan Department
    Depositing User: Ni Made Dwi Oktaviani
    Date Deposited: 19 Jan 2012 12:20
    Last Modified: 19 Jan 2012 12:20
    URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1271

    Actions (login required)

    View Item