I Made Gede , Arimbawa
Basis Pengembangan Desain Produk Keramik Pada Era Pasar Global.
Documentation.
ISI Denpasar.
Abstract
Abstract :
Era pasar gobal salah satunya ditandani dengan adanya dinamisasi persaingan yang tanpa batas dalam memasarkan suatu produk. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu disusun basis pengembangan desain produk keramik untuk dapat menghasilkan produk keramik yang unik, sehingga sulit ditiru oleh para kompetiter. Mengacu pada hasil analisis SWOT keramik Indonesia, ternyata potensi yang merupakan kekuatan dan memiliki peluang untuk dijadikan basis pengembangan tersebut adalah diversifikasi desain keramik dengan muatan lokal yang dieskplorasi dari warisan hasil budaya etnik Nusantara. Namun dalam upaya tersebut harus selalu perpegang teguh pada kearifan lokal, sehingga tidak terjadi eskploitasi nilai-nilai atau makna yang dikandungnya dan terhindar dari seretan arus globalisasi.
Kata Kunci: basis, desain, keramik, pasar gobal
Actions (login required)
|
View Item |