I Wayan, Setem, S.Sn., M.Sn (2010) Jendela. Documentation. ISI Denpasar.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemanunggalan dalam konsep estetika Bali dapat merujuk dari pendapat Atmaja (1988: 10) yang mengatakan bahwa penciptaan karya seni lukis, tari-tarian, arsitektur adalah unsur kosmis yang ditempatkan di atas tertib keseimbangan yang membangun totalitas. Unsur-unsur itu tidak diperkenankan menampakkan per-tentangan dengan tertib kosmisnya. Seakan-akan kosmis memberikan perlindungan dan kekuatan bagi lingkungan kesenian, justru pada saat kesenian itu bersentuhan dengan unsur-unsur budaya luar. Pandangan ini menunjukkan bahwa konsepsi dasar kesenian Bali bersifat vertikal dan horisontal. Bersifat vertikal mengandung makna keyakinan bahwa keindahan itu berasal dari Tuhan Yang Maha Esa dan dipersembahkan kembali dalam bentuk pemujaan. Perpaduan garis vertikal dan horisontal membentuk garis palang ( + ) dalam bahasa Bali disebut “tampak dara” (telapak kaki burung merpati). Garis seperti itu sering dimanfaatkan untuk menolak roh-roh jahat, misalnya: (a) ditempatkan di depan pintu masuk rumah (angkul-angkul); (b) dilukiskan di badan dengan kapur sirih apabila orang mengalami sakit perut, serta sesak nafas; (c) dipakai sebagai lambang palang merah dunia; dan (d) simbol agama Hindu yang melambang-kan perputaran bumi dan matahari. Warna-warna imajiner dari karya yang berjudul Jendela, adalah bermakna simbolik, merupakan hasil pengolahan melalui pencampuran antara warna primer dan sekunder yang disesuaikan dengan kebutuhan ekspresi. Tekstur semu yang diterapkan dicapai dengan cara memberikan aksentuasi goresan kuas dan warna atau dengan goresan warna yang spontan.
Item Type: | Monograph (Documentation) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Fine Art Department |
Depositing User: | Mrs Dwi Gunawati |
Date Deposited: | 16 May 2012 01:18 |
Last Modified: | 16 May 2012 01:18 |
URI: | http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1380 |
Actions (login required)
View Item |