Drs. I Nengah , Sudika Negara, M.Erg and Ida Bagus Ketut, Trinawindhu, S.Sn.,M.Erg
(2013)
Tipografi dan Warna dalam Desain Komunikasi Visual Ditinjau Dari Aspek Kenyamanan Visual.
Documentation.
ISI Denpasar.
Preview |
|
PDF (Cover Tipografi dan Warna dalam DKV Ditinjau dari Aspek Kenyamanan Visual)
Download (93kB)
| Preview
|
Abstract
Latar Belakang
Media komunikasi visual dibutuhkan oleh hampir semua instansi baik swasta maupun negeri sebagai alat untuk mempromosikan atau menginformasikan semua program atau produknya yang berupa barang atau jasa, yang bertujuan komersial maupun non komersial. Media komunikasi visual biasanya dipesan oleh instansi yang bersangkutan kepada desainer komunikasi visual dan tidak jarang sebuah insatansi sudah memiliki sendiri desainernya. Biasanya instansi akan memilih desainer yang memiliki kemampuan yang handal atau memiliki nama yang cukup terkenal. Seorang desainer dituntut memiliki kecakapan dan pengalaman yang cukup sehingga mampu memenangkan persaingan. Untuk menjadi desainer yang handal dan mampu bersaing, hendaknya selalu kreatif mencari terobosan-terobosan baru. Untuk mendukung kreatifitas yang tinggi, desainer harus memperhatikan berbagai teori yang mendukung unsur-unsur desain komunikasi visual dari berbagai aspek atau disiplin ilmu sehingga desain yang dihasilkan tidak memberikan dampak negatif kepada audiens.
Tipografi dan warna adalah dua unsur yang sangat memegang peranan penting dalam media komunikasi visual, banyak desainer yang tidak memperhatikan kedua unsur tersebut, desainer hanya memperhatikan dari segi estetika dan kepuasan pemesan tanpa memperhatikan pengaruh terhadap audiens. Desain hanya diciptakan begitu saja karena biasanya desainer menggangap dirinya sudah mampu membuat karya yang maksimal. Walaupun pada akhirnya media yang dihasilkan setelah beredar dimasyarakat menimbulkan masalah. Apalagi media yang dihasilkan tidak dapat memberi kenyamanan bagi penikmatnya terutama menyangkut kenyamanan indera pengelihatan.
Oleh karena itu sebuah desain, mulai pada tahap perencanaannya perlu memperhatikan semua aspek sehingga media-media tersebut dapat diterima oleh semua kalangan dan dapat memberi kenyamanan visual bagi audiens. Dalam kesempatan ini penulis khusus membahas unsur tipografi dan warna dalam desain komunikasi visual serta pengaruhnya terhadap kenyamanan visual.
Actions (login required)
|
View Item |