Ni Luh, Desi In Diana Sari
(2013)
KONSEP KREATIF PERANCANGAN KEMASAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI COKELAT BALI.
Documentation.
ISI Denpasar.
Preview |
|
PDF (KONSEP KREATIF PERANCANGAN KEMASAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI COKELAT BALI )
- Cover Image
Download (25kB)
| Preview
|
Abstract
Abstrak
Cokelat Bali sebagai sebuah produk hasil produksi sektor IKM (Industri Kecil Menengah), memerlukan media promosi untuk mempertahankan eksistensinya sebagai produk kuliner oleh – oleh khas Bali kepada wisatawan. Untuk itu diperlukan perancangan kemasan sebagai media promosi melalui konsep kreatif yang merupakan tahap pengembangan strategi media dan strategi kreatif sebagai media penyampaian pesan kepada target audience, agar pesan dapat mengena di hati TA.
Konsep kreatif dalam perancangan ini adalah “Balinese Chocolate”, dengan berpijak pada metode what to say dan how to say. What to Say dalam perancangan ini, bertujuan untuk memperkenalkan dan memposisikan produk cokelat Bali merek “MANIC” dengan 5 rasa baru yang ditawarkan diantaranya; coklat dengan rasa cabe, jeruk, macadamia, gula aren, dan coklat hitam 55%, kepada TA sebagai oleh – oleh. Metode How to Say merupakan strategi kreatif dalam menyampaikan pesan kepada target audience dengan memodifikasi pesan general menjadi pesan kreatif agar pesan dapat dengan efektif tersampaikan kepada TA. Konsep ini kemudian menjadi acuan dalam setiap proses perancangan mulai dari logo sebagai identitas merek, kemasan, dan media promosi ditempat penjualan.
Kata kunci : Cokelat Bali, Konsep kreatif, Media promosi.
Actions (login required)
|
View Item |