ISI Denpasar | Institutional Repository

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA KAMPANYE PROGRAM BIKE TO SCHOOL DI DENPASAR

Arie , Wibisono (2013) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA KAMPANYE PROGRAM BIKE TO SCHOOL DI DENPASAR. Documentation. Isi Denpasar.

[img] PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA KAMPANYE PROGRAM BIKE TO SCHOOL DI DENPASAR) - Cover Image
Download (71Kb)

    Abstract

    Abstrak Denpasar adalah salah satu kota di Indonesia yang mempunyai perkembangan yang sangat pesat. Seiring perkembangan tersebut menimbulkan dampak yang cukup besar bagi kota denpasar itu sendiri, antara lain masalah kemacetan, polusi, dan sebagainya. Dari dampak tersebut mengakibatkan situasi perkotaan menjadi lebih tidak teratur, sedangkan Denpasar merupakan salah satu kota yang berada di provinsi bali yang merupakan sumber devisa negara dari segi pariwisata. Sepeda merupakan alat transportasi yang multifungsi, selain ramah lingkungan juga dapat berguna bagi kesehatan. Bersepeda ke sekolah kepada siswa dan siswi SMP dan SMA merupakan salah satu cara yang tepat untuk menanamkan hidup sehat dan menghargai lingkungan. Membiasakan Bersepeda ke sekolah bagi anak siswa-siswi SMP dan SMA dapat memupuk rasa cinta akan lingkungan terutama untuk masa depan bumi kita yang sekarang ini sudah dirasakan mengalami pemanasan global. Maka dari itu dengan program Bike To School di Denpasar ini dapat mengembalikan bumi kita sehat dan mempunyai umur panjang. Namun untuk mengajak siswa-siswi SMP dan SMA untuk bersepeda tidak mudah dan perlu adanya media komunikasi visual untuk mengajak serta mengedukasi mereka. Dengan adanya permasalahan ini, maka digunakanlah metode perancangan seperti pengumpulan data dan analisis data sehingga didapat sebuah konsep desain yaitu “Green Education” dimana dari konsep ini akan digunakan sebagai acuan dalam mendesain 10 media berupa Poster, T-Shirt, Tas kanvas, Stiker, Gantungan kunci, Katalog, Stationary, Flyer, Pin, dan Mural. Kata Kunci : Denpasar, Polusi, Pariwisata, Bersepeda, Siswa dan Siswi, Komunikasi Visual, Konsep Desain, dan Media. Abstract Denpasar is one of the cities in Indonesia, which has a very rapid development. Along these developments pose a considerable impact for the city of Denpasar itself, among others, the problem of congestion, pollution, and so on. The impact resulted in a situation of urban became more irregular, while Denpasar is one of the main cities in the province of Bali which is a source of foreign exchange in terms of tourism. Bicycle transportation is a multifunctional tool, in addition to eco-friendly can also be useful for health. Cycling to school to students and junior and senior high school student is one right way to instill healthy living and respect for the environment. Familiarize children biking to school for students in middle and high school can foster a love of the environment, especially for the future of our planet is now experiencing global warming are already being felt. Therefore the Bike To School program in Denpasar can restore our earth healthy and have longevity. But to engage your students in junior high and high school for cycling is not easy and need for visual communication media to engage and educate them. Given these problems, it is used as a design methodology of data collection and analysis of data in order to get a design concept of "Green Education" which of these concepts will be used as a reference in designing the 10 media in the form of posters, T-Shirts, Canvas Bags, Stickers, Hangers key, Catalogs, Stationary, Flyers, Pin, and Mural. Keywords: Denpasar, Pollution, Tourism, Cycling, Students and Students, Visual Communications, Concept Design, and Media.

    Item Type: Monograph (Documentation)
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
    Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
    Date Deposited: 10 Jan 2014 10:18
    Last Modified: 10 Jan 2014 10:18
    URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1834

    Actions (login required)

    View Item