ISI Denpasar | Institutional Repository

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA SOSIALISASI BALAWISTA UNTUK PENCEGAHAN KECELAKAAN PANTAI DI KUTA - BALI

Aryo , Flavio Utomo (2013) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA SOSIALISASI BALAWISTA UNTUK PENCEGAHAN KECELAKAAN PANTAI DI KUTA - BALI. Documentation. Isi Denpasar.

[img] PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA SOSIALISASI BALAWISTA UNTUK PENCEGAHAN KECELAKAAN PANTAI DI KUTA - BALI) - Cover Image
Download (71Kb)

    Abstract

    Abstract The existences Balawista at Kuta Bali establish since 1972 with social back growd to give aid to visitor (tourist) who swept or shuffle by current. Balawista has mission to save the soul (people) at the beach (sea) by aducation, prevention and salvation. We can achieve this point with effective work by cooperation between community and goverment to allcocated the beach and sorrounding save at Badung regency. To attempt the socialization every medium communication medium visual has a role and diffrend function like a socializtion strategi for Balawista, so we need to make planing with a good concept and visual which acclimatise with institution. This design purposful to get the affectif medium communication visual and communicative and approprite with design criteria to equip Balawista socialization activity and helpfully add socialization medium, also to introduce institution to public. By observation method, the data we got from observation, interview, reference library and Balawista document.readjust with socialization strategi. In the study we use communication mass theory, and then cultivated through analysis description kualitatif and sintesis to get the basic concept of design. “Innovation and Education” constitute the basic concept whice use in process design communication visual for Balawista socialization the concept which intend is all medium which going to create make people understand and knows the socialization done by Balawista. So after people knows how import prevent the danger accident on the beach (sea). In process design, decided exact design and appropriate that is Folder, X-Banner, Advertisement Magazine, T-Shirt, Hat, Pin, Key Hanger, Stiker One Way Vision, caution board and cataloque. The visual communication media have their respective functions, effective and able to provide information about the programs of and be able to socialize Balawista Balawista to the entire public at large. Keyword : Design, Medium Communication Visual, Balawista, Innovation and Education. Keberadaan Balawista di Kuta Bali yang berdiri sejak 1972, didirikan dengan latar belakang sosial untuk memberikan pertolongan kepada wisatawan yang tenggelam atau terseret arus. Balawista memiliki visi untuk menyelamatkan nyawa di pantai melalui layanan pendidikan, pencegahan dan penyelamatan. Hal ini akan dicapai melalui visi dam misi dari Balawista untuk menyediakan pantai yang aman di wilayah Badung. Dalam usaha sosialisasi, setiap media komunikasi visual memiliki peranan dan fungsi yang berbeda seperti halnya strategi sosialisasi untuk memperkenalkan program-program dari Balawista. Oleh karena itu perlu adanya perencanaan baik secara konseptual maupun visual yang menyesuaikan dengan instansi. Perancangan media sosialisasi ini bertujuan untuk memperoleh media komunikasi visual yang efektif, komunikatif dan sesuai kriteria desain untuk mensosialisasikan program-program dari Balawista sehingga dimana nantinya dapat mengurangi angka kecelakaan di pantai. Melalui metode penelitian, data-data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi di Balawista disesuaikan kembali dengan strategi sosialisasi. Teori yang digunakan dalam studi ini adalah teori komunikasi massa dan semiotika. Kemudian diolah melalui analisis deskriptif kualitatif dan sintesa sehingga diperoleh konsep dasar desain. “Inovatif dan Edukatif” merupakan konsep dasar yang digunakan pada proses desain komunikasi visual untuk sosialisasi Balawista. Konsep yang dimaksut adalah dimana nantinya media-media yang akan dibuat diharap bisa lebih mampu membuat masyarakat tahu dan lebih mengenal keberadaan serta program-program dari Balawista, hingga nantinya masyarakat tahu tentang pentinggnya bahaya kecelakaan di pantai. Dalam proses desain, telah ditentukan media yang tepat dan sesuai yaitu Folder, X- banner, iklan majalah, T-Shirt, Topi, Pin, Gantungan Kunci, Stiker One Way Vision, Papan Peringatan dan Katalog. Media komunikasi visual tersebut memiliki fungsi masing-masing, efektif dan mampu memberikan informasi mengenai program-program dari Balawista serta mampu mensosialisasikan Balawista kepada seluruh masyarakat luas. Kata Kunci : desain, media komunikasi visual, Balawista. Inov¬atif dan Edukatif.

    Item Type: Monograph (Documentation)
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
    Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
    Date Deposited: 15 Jan 2014 09:18
    Last Modified: 15 Jan 2014 09:18
    URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1839

    Actions (login required)

    View Item