ISI Denpasar | Institutional Repository

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK KAMPANYE EDUKASI PEDULI LINGKUNGAN DALAM PENANGANAN SAMPAH PLASTIK DI BALI

Ngakan Putu , Aditya Bhaskara (2013) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK KAMPANYE EDUKASI PEDULI LINGKUNGAN DALAM PENANGANAN SAMPAH PLASTIK DI BALI. Documentation. Isi Denpasar.

[img]
Preview
PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK KAMPANYE EDUKASI PEDULI LINGKUNGAN DALAM PENANGANAN SAMPAH PLASTIK DI BALI) - Cover Image
Download (48kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK DESAIN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA KAMPANYE EDUKASI PEDULI LINGKUNGAN DALAM PENANGANAN SAMPAH PLASTIK DI BALI Upaya mewujudkan Bali sebagai provinsi hijau dan bersih masih memiliki berbagai tantangan jika dikaitkan dengan kondisi Bali saat ini, khususnya lingkungannya. Seperti kita ketahui bersama permasalahan lingkungan yang sangat menonjol adalah masalah sampah, di mana produksi sampah setiap harinya sangat tinggi sedangkan kegiatan pendauran ulang sampah belum optimal. Budaya bersih dan budaya membuang sampah pada tempatnya belum kelihatan pada masyarakat kita, apalagi kebiasaan dan kesadaran untuk memisahkan jenis sampah, antara sampah organik dengan sampah anorganik. Dalam usaha kampanye, setiap media komunikasi visual memiliki peranan dan fungsi yang berbeda seperti halnya strategi kampanye untuk penanganan sampah dimana sampah plastik, dimana sampah plastik merupakan konsumsi dari masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya perencanaan baik secara konseptual maupun visual yang menyesuaikan dengan kode kampanye edukasi. Desain ini bertujuan untuk memperoleh media komunikasi visual yang efektif, komunikatif dan sesuai kriteria desain untuk melengkapi kegiatan kampanye Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bali. Melalui metode penelitian, Data-data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi di Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bali disesuaikan kembali dengan strategi Kampanye. Teori yang digunakan dalam studi ini adalah mind maping yang kemudian diolah melalui analisis deskriptif kualitatif dan sintesa sehingga diperoleh konsep dasar desain. “Greeneration” merupakan konsep dasar yang relevan digunakan pada proses desain komunikasi visual untuk kampanye Edukasi Peduli Lingkungan Dalam Penanganan Sampah Plastik Di Bali. Konsep tersebut sesuai pencanangan dari gubernur Bali dengan konsep Clean & Green dengan tema yang akan di ambil dalam kampanye ini yaitu “Diet Kantong Plastik”. Dalam proses desain, telah ditentukan media yang tepat dan sesuai yaitu Poster, Flyer, T-shirt, Tas Kanvas, Billboard, Roll up banner, Mobile Advertising, Spanduk, Umbul-umbul dan Katalog. Kata Kunci : sampah plastik, media komunikasi visual, Greeneration. ABSTRACT DESIGN OF VISUAL MEDIA COMMUNICATION AS A MEANS OF CAMPAIGN OF ENVIRONTMENT CARE EDUCATION IN HANDLING PLASTIC TRASH IN BALI. Bali provincial efforts to achieve a clean green and still have many challenges if it is associated with the current condition of Bali, especially the environment. As we all know a very prominent environmental problems is the problem of waste, where waste production per day is very high while the waste recycling activity is not optimal. Culture and cultural clean the trash in place yet visible in our society, especially the habits and awareness to separate types of waste, including organic waste with inorganic. In the campaign effort, every visual communication media have different roles and functions as well as a campaign strategy for waste management in which plastic waste, plastic waste which is the consumption of the public. Therefore, it is necessary to plan both conceptually and visually adjust the code educational campaign. The design aims to obtain effective visual communication media, communicative and appropriate design criteria to complement the activities of Provincial Badan Lingkungan Hidup campaign Through the research methods, data obtained from the observations, interviews, literature and documentation on the Environment Agency Bali adjusted returns with campaign strategy. The theory used in this study is a mind mapping which is then processed through a qualitative descriptive analysis and synthesis in order to obtain the basic design concept. "Greeneration" is relevant basic concepts used in the process of visual communication design for the campaign Education Environmental Care Waste Plastics in Bali. The concept is in line with the declaration of the governor of Bali Clean and Green concept with a theme that will be taken in this campaign is "Diet Plastic Bags". In the design process, it has been determined that proper and appropriate media ie Posters, Flyers, T-shirts, canvas bags, Billboard, Roll up banner, Mobile Advertising, Banner, Bannerman-pennant and catalog. Keywords : plastic, visual communications media, Greeneration

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 15 Jan 2014 05:41
Last Modified: 15 Jan 2014 05:41
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1841

Actions (login required)

View Item View Item