ISI Denpasar | Institutional Repository

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK PROMOSI “MERTHA SARI BHUANA LUWAK COFFEE” DI JALAN RAYA LUWUS, BATURITI, TABANAN-BALI

Gede , Ananda Kusuma Suta (2013) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK PROMOSI “MERTHA SARI BHUANA LUWAK COFFEE” DI JALAN RAYA LUWUS, BATURITI, TABANAN-BALI. Documentation. Isi Denpasar.

[img] PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK PROMOSI “MERTHA SARI BHUANA LUWAK COFFEE” DI JALAN RAYA LUWUS, BATURITI, TABANAN-BALI) - Cover Image
Download (140Kb)

    Abstract

    Abstrak Mertha Sari Bhuana Luwak Coffee adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Agro Wisata, dimana produk unggulannya adalah kopi luwak. Tidak seperti produk kopi luwak lain yang ada di pasaran, produk kopi luwak perusahaan Mertha Sari Bhuana Luwak Coffee berasal dari bahan yang alami atau asli dari kotoran binatang luwak. Kopi luwak memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran internasional. Kopi luwak di Indonesia kebanyakan diekspor, karena pasar global masih terbuka luas. Dengan Semakin banyaknya pengusaha yang mendirikan industri kopi luwak di Bali, untuk itu Mertha Sari Bhuana Luwak Coffee yang terbilang baru berdiri ini yaitu pada Bulan Desember Tahun 2009 tidak ingin kalah dalam persaingan, sehingga untuk menarik perhatian para wisatawan asing maupun lokal diperlukan suatu media yang menarik, komunikatif, dan efektif sebagai sarana promosi untuk menunjang pemasaran kopi luwak di pasar lokal maupun internasional. Untuk mendukung proses perancangan digunakan metode pengumpulan data seperti metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Dari metode-metode tersebut didapatkan data primer dan sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis Deskriptif Kualitatif. Proses perancangan ini juga menggunakan teori-teori seperti teori aspek desain komunikasi visual, unsur desain komunikasi visual, prinsip desain komunikasi visual, aspek teknis perwujudan, teori komunikasi massa dan semiotika. Konsep yang diangkat adalah konsep Simple Elegance sebagai konsep dasar perancangan media promosi Mertha Sari Bhuana Luwak Coffee, konsep ini dijabarkan pada tiap unsur desain komunikasi visual dimana dipilih ilustrasi dengan teknik gabungan dan hand drawing dengan bantuan komputer, tipografi menggunakan jenis huruf sans serif Calibri dan Edwardian Script ITC, warna menggunakan warna tersier yaitu warna coklat dan warna primer yaitu warna kuning. Sedangkan media promosi yang dirancang berupa Brosur, Paper Bag, X-Banner, Flyer, Iklan Majalah, Website, T-Shirt, Stiker, Mug dan katalog. KATA KUNCI : Agro wisata, Kopi Luwak, Mertha Sari Bhuana Luwak Coffee, Media promosi, DKV Abstract Mertha Sari Bhuana Civet Coffee is a company engaged in Agro Tourism, which is a superior product civet coffee. Unlike other civet coffee product on the market, civet coffee products company Mertha Sari Bhuana Civet Coffee comes from the natural or original material from civet excrement. Luwak coffee has a pretty high price on the international market. Coffee Luwak in Indonesia mostly exported, because the global market is still wide open. With more number of entrepreneurs who founded the civet coffee industry in Bali, for it Mertha Sari Bhuana Luwak Coffee which is relatively newly established in December 2009 did not want to lose in the competition, so as to attract foreign and local tourists need a media that attract , communicative, and effective as a promotional tool to support the marketing of civet coffee in the local and international markets. To support the design process to use data collection methods such as observation, interviews, documentation and literature. Of these methods is obtained primary and secondary data were then analyzed using qualitative descriptive analysis method. This design process also uses theories like the theory aspects of visual communication design, visual communication design elements, visual communication design principles, technical aspects of the embodiment, mass communication theory and semiotics. The concept is the concept of Simple Elegance appointed as the basic concept design of a media campaign Mertha Sari Bhuana Luwak Coffee, the concept is described for each element of visual communication design in which the selected illustration and hand techniques combined with computer-assisted drawing, typography using sans serif font Calibri and Edwardian Script ITC, tertiary color using the color brown and yellow are the primary colors. While the media campaign that is designed in the form of brochures, Paper Bag, X-Banner, Flyer, Magazine Advertising, Website, T-shirts, stickers, mugs and catalogs. KEY WORDS: Agro tourism, Kopi Luwak, Mertha Sari Bhuana Luwak Coffee, Media promotion, DKV

    Item Type: Monograph (Documentation)
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
    Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
    Date Deposited: 17 Jan 2014 09:00
    Last Modified: 17 Jan 2014 09:00
    URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1845

    Actions (login required)

    View Item