ISI Denpasar | Institutional Repository

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK PROMOSI BALI MASARI VILLAS & SPA GIANYAR

Ida Bagus, Ari Mas Widia (2013) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK PROMOSI BALI MASARI VILLAS & SPA GIANYAR. Documentation. Isi Denpasar.

[img]
Preview
PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK PROMOSI BALI MASARI VILLAS & SPA GIANYAR) - Cover Image
Download (73kB) | Preview

Abstract

Abstrak Semakin berkembangnya pariwisata di Bali, menyebabkan perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata kian bertambah. Tentunya perusahaan yang bergerak di bidang jasa penginapan pun kian berkembang. Dalam akhir-akhir ini ada kecederungan baru di Bali, yaitu bergesernya minat wisatawan asing dari hotel-hotel berbintang ke villa-villa dengan nuansa pedesaan. Villa merupakan suatu usaha yang menawarkan jasa menginap lengkap dengan fasilitasnya. Jangankan di pusat kota, di pedesaan seperti di desa Sukawati pun mempunyai potensi untuk mendirikan perusahaan villa. Hal ini juga dilakukan oleh Bali Masari Villas & Spa yang menawarkan produk atau jasa dan fasilitas yang tersedia di villa ini kepada konsumen atau wisatawan. Target pasar yang diincar oleh Bali Masari Villas & Spa ialah seluruh lapisan masyarakat serta wisatawan mancanegara yang sedang berlibur di Bali. Namun tingkat penjualan Bali Masari akhir-akhir ini mengalami penurunan dikarenakan mulai banyaknya villa-villa yang berdiri di daerah Gianyar dan minimnya media promosi yang dimiliki. Oleh karena itu perlunya suatu perancangan media promosi guna meningkatkan lagi penjualan kamar dan jasa di Bali Masari. Adapun masalah yang diangkat yaitu bagaimana menentukan konsep desain dan bagaimanakah merancang media yang efektif dan komunikatif dalam meningkatkan promosi Bali Masari Villas & Spa. Dengan adanya permasalahan seperti itu digunakanlah metode-metode perancangan seperti pengumpulan data primer, skunder dan analisis data sehingga didapatkan suatu konsep desain human interest. Dalam menentukan konsep, desain komunikasi visual perlu dipertimbangkan teori - teori desain, teori sosial, prinsip desain, kriteria desain, serta mempertimbangkan keadaan calon konsumen seperti demografis, psikografis, behaviora, sehingga akan terwujud media komunikasi visual yang efektif dan komunikatif. Sehingga media promosi dapat membantu memecahkan permasalahan yang terjadi di dalam villa tersebut dan mempromosikan Bali Masari kepada wisatawan. Kata kunci : Bali Masari Villas & Spa, Konsep desain, Media Komunikasi visual. Abstract The increasing numbers of tourism companies are caused by the increasing of tourism development in Bali. As the result the companies which serve accommodation service are also increased. Recently there is a new tendency in Bali, about the moving interest of foreigner tourists from the stars hotels to the villas with traditional concepts which serve accommodation and full with the facilities. Let alone at the centre of the city, at the village for example Sukawati village has a potency to build a villa. This is also done by Bali Masari Villas & Spa which offering product or accommodation and facility which is available to the consumer or tourist. The whole societies as well as foreign tourists who are vacationing in Bali are targeted by Bali masari as its target markets. However, sales levels Bali masari recently started to decline due to the many villas that stand in the area of Gianyar and the lack of media promotion. Hence the need for a media campaign to improve the design of more sales and service rooms at Bali Masari Villas & Spa. There were also concerns raised that How to determine the design concept and How to design an effective and communicative media in enhancing the promotion of Bali Masari. With any problems like that are used design methods such as data collection and analysis of data so we get a concept of human interest. In determining the design concept need to be considered the theories of visual communication - design theory, social theory, design principles, design criteria, and considering the state of potential consumers such as demographics, psychographics, behavioral, so it will be become an effective and communicative visual communication media. Media promotion so that may help. Solve the problems that occur in these villas and promote Bali Masari Villas & Spa to tourists. Keywords :Bali Masari Villas & Spa, Design Concept, Visual Communication media

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 17 Jan 2014 01:04
Last Modified: 17 Jan 2014 01:04
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1846

Actions (login required)

View Item View Item