ISI Denpasar | Institutional Repository

KOMIK “TIME TRAVEL MAHABHARATA” SEBAGAI SARANA KAMPANYE EDUKASI ANAK MUDA BALI OLEH YOUTH CORNER BALI

I Wayan , Suma Bagia (2013) KOMIK “TIME TRAVEL MAHABHARATA” SEBAGAI SARANA KAMPANYE EDUKASI ANAK MUDA BALI OLEH YOUTH CORNER BALI. Documentation. Isi Denpasar.

[img]
Preview
PDF (KOMIK “TIME TRAVEL MAHABHARATA” SEBAGAI SARANA KAMPANYE EDUKASI ANAK MUDA BALI OLEH YOUTH CORNER BALI) - Cover Image
Download (99kB) | Preview

Abstract

Abstrak Youth Corner Bali sebagai portal anak muda Bali mengangkat kembali cerita epos Mahabharata yaitu cerita tentang sumpah Bisma Dewabrata untuk menginspirasi anak-anak muda Bali dalam bentuk komik. Anak muda adalah kelompok unik yang penuh rasa ingin tahu, menyukai tantangan berpikiran maju dan memiliki impian tentang masa depannya. Karena itu, anak muda selalu mencari sesuatu yang dapat menginspirasi mereka dan menjadi pedoman bagi mereka dalam pencarian jati diri mereka, cita-cita dan masa depan mereka. Jadi jika inspirasi tersebut didapatkan dari cerita Bisma, maka akan menjadi pedoman yang sangat baik bagi mereka dalam pencarian jati diri dan cita-cita masa depan mereka karena mengajarkan tentang cinta dan pengorbanan yang mulia. Melalui metode penelitian, data-data yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi dilapangan disesuaikan dengan strategi media. Teori yang digunakan dalam hal ini adalah teori psikologi remaja yang kemudian diolah dengan analisis SWOT dan sintesa sehingga mendapatkan konsep dasar desain. Konsep yang digunakan dalam usaha kampanye edukasi cerita Mahabharata ini adalah Inspirasi anak muda. Dimana diartikan sebagai sesuatu yang mampu mengilhami, menyemangati anak muda untuk melakukan sesuatu. Media-media yang digunakan dalam hal ini adalah komik sebagai media utama. Kemudian sebagai media pendukung adalah Poster, E-Flyer, Feedback Board, Packaging, Paperbag, Postcard, Stiker, X Banner, Katalog. COMIC “TIME TRAVEL MAHABHARATA” AS A MEDIUM FOR AN EDUCATION CAMPAIGN FOR YOUTH IN BALI BY YOUTH CORNER BALI Abstract Youth Corner Bali as a Portal of Balinese Youth raised the epic story “Mahabharata Bhishma Dewabrata” vow to inspire young people of Bali in comic form. Young people are a curious unique group, forward-thinking love a challenge and have a dream about their future. Therefore, young people are always looking for something to inspire them and to guide them in their search for identity, ideals and their future. So if inspiration is derived from the story of Bhishma, it will be an excellent guide for those in search of identity and ideals of the future because it teaches them about love and glorious sacrifice. Through the research methods, data obtained from observations, interviews, literature and documentation media strategy tailored to the field. The theory used in this case is a psychological theory of teens who are then processed with a SWOT analysis and synthesis so as to get the basic concepts of design. Concepts used in education campaigns Mahabharata story is Inspiring young people. Where is defined as something that can inspire, encourage young people to do something. Media used in this case is the comic as the main media. Then, as the supporting media are posters, E-Flyer, Feedback Board, Packaging, Paperbag, Postcard, Stickers, X banner, Catalogue. Key words : Comic, Youth, Mahabharata, Inspiring Young People

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 23 Jan 2014 00:54
Last Modified: 23 Jan 2014 00:54
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item