I Putu, Yuda Pratama
(2013)
MEMBANGUN BRANDING JURUSAN DESAIN FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN INSTITUT SENI INDONESIA DENPASAR DENGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.
Documentation.
Isi Denpasar.
Preview |
|
PDF (MEMBANGUN BRANDING JURUSAN DESAIN FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN INSTITUT SENI INDONESIA DENPASAR DENGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL)
- Cover Image
Download (90kB)
| Preview
|
Abstract
Jurusan Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar berdiri sejak tahun 1983. Jurusan Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar memiliki fasilitas serta staf pengajar yang memang berkompeten dalam masing-masing bidang atau program studi yang telah terbukti di masyarakat. Selain sumber daya yang baik Jurusan Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar juga ditunjang dengan kurikulum yang berbasis seni budaya Bali. Untuk memperkenalkan semua keunggulan Jurusan Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar ke pada masyarakat diperlukan promosi berupa branding dengan media desain komunikasi visual. Melalui metode penelitian, Data-data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi di Jurusan Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar disesuaikan kembali dengan strategi promosi. Kemudian diolah melalui analisis deskriptif kualitatif dan sintesa sehingga diperoleh konsep dasar desain. “Kolase” merupakan konsep dasar yang relevan digunakan pada proses desain komunikasi visual untuk membangun branding Jurusan Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar. Kolase atau komposisi artistik dengan teknik menempel yang dimaksudkan bergaya anak muda yang menampilkan kebebasan. Kolase juga digambarkan dengan keadaan dimana unsur-unsur visual disusun secara tindih-mendindih yang mengartikan suatu kreatifitas dalam jumlah besar pada suatu wadah dimana wadah tidak cukup untuk menampung hingga kreatifitas saling menindih satu sama lain. Dalam proses desain, telah ditentukan media yang tepat dan sesuai yaitu Buku panduan studi, poster, flyer, stopmap, roll banner, paper bag, mouse pad, stiker, katalog.
Kata Kunci : desain, branding, Jurusan Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar, kreatif & kolase.
Design Department Faculty of Art and Design Indonesian Institute of the Arts, Denpasar established since 1983. Design Department Faculty of Art and Design Indonesian Institute of the Arts, Denpasar has the facilities and teaching staff who are competent in their field of study or program that has been proven in the community. In addition to well-resourced Department of Design Faculty of Art and Design Indonesian Institute of the Arts, Denpasar is also supported by a curriculum-based arts and culture of Bali. To introduce all the hallmarks Design Department Faculty of Art and Design Indonesian Institute of the Arts, Denpasar necessary to the promotion of the public media in the form of branding with visual communication design. Through the research methods, data obtained from the observations, interviews, literature and documentation in the Department of Design Faculty of Art and Design Indonesian Institute of the Arts, Denpasar adjusted returns with promotional strategy. Then processed through a qualitative descriptive analysis and synthesis in order to obtain the basic design concept. "Collage" is relevant basic concepts used in visual communication design process to build branding Design Department Faculty of Art and Design Indonesian Institute of the Arts, Denpasar. Collage or artistic composition techniques meant sticking a stylish young man showing freedom. Collage is also illustrated by the situation in which visual elements arranged in overlapping-mendindih who interpret a large amount of creativity in a container where the container was not enough to hold up to the creativity crushing each other mutually. In the design process, defined media are right for the book study guide, posters, flyers, stopmap, roll banner, paper bags, mouse pads, stickers, catalogs.
Keywords: design, branding, Design Department Faculty of Art and Design Indonesian Institute of the Arts, Denpasar, creative & collage.
Actions (login required)
|
View Item |