I Wayan , Sapta Hadnyana
(2013)
MEMPERKENALKAN CERITA RAMAYANA KEPADA ANAK-ANAK MELALUI DESAIN BUKU POP-UP.
Documentation.
Isi Denpasar.
Preview |
|
PDF (MEMPERKENALKAN CERITA RAMAYANA KEPADA ANAK-ANAK MELALUI DESAIN BUKU POP-UP)
- Cover Image
Download (73kB)
| Preview
|
Abstract
Abstrak
Cerita klasik adalah cerita yang tak kenal batasan waktu. Cerita klasik merupakan salah satu aset budaya yang tak ternilai harganya yang dimiliki oleh masyarakat Bali dan bangsa Indonesia. Namun di zaman serba modern ini, kecenderungan masyarakat sudah mulai melupakan dan menganggap kuno cerita klasik. Pada dasarnya, cerita klasik Indonesia penuh dengan unsur yang mendidik. Berangkat dari permasalahan tersebut, penulis ingin memunculkan salah satu kisah cerita klasik yaitu kisah Ramayana ke dalam sebuah buku cerita dengan tampilan Pop-up yang ditujukan untuk anak-anak. Pop-up dipilih karena dapat memberikan efek kejutan dan sangat menarik minat anak-anak ketika buku dibuka dan dinikmati. Konsep dasar perancangan yang digunakan yaitu “Education dan Entertainment”. Education mengacu pada kisah yang terkandung dalam perancangan ini hendaknya dapat memberi pengajaran mengenai pendidikan humaniora. Humaniora yaitu ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi dengan budaya yang terdapat pada cerita Ramayana. Entertainment mengacu pada tampilan pop-up yang penuh kejutan dan menyenangkan yang dapat memberi imajinasi pada anak-anak. Media yang dibuat untuk memperkenalkan cerita klasik Ramayana dalam perancangan Tugas Akhir ini terdiri dari Buku Pop-Up sebagai media utama, Packaging, Paper bag, Poster, Flyer, Accessories mahkota, X-Banner, T-shirt, Stiker, serta Katalog sebagai media pendukung.
Kata Kunci : Ramayana, Pop-up, Manusiawi, Imajinasi.
Abstract
Classic story is that story does not know limits time. Classic story is the one of assets are priceless owned that have by people in Bali and nation Indonesia. Meanwhile in this modern era, human has been began to forget and to believe classic story is oldest. Generally, Indonesia classic story is full of education elements. From the problem, the author would like to bring up one of the classic story is the story of Ramayana into a story book with Pop-up display aimed to children. Chosen Pop-up because it can give the effect of surprise and very exciting interests’ children when their opened the book and it enjoyed. Basic design consepts that used are “Education” and “Entertainment”. Education means the stories contained in this sceme, it should be able to give instruction on humanities education. Humanities education are considered science aim make people more humane with culture contained in the Ramayana story. Entertainment means the pop up display is full of suprises and fu that can give imagination to children. Media were used to introduces Ramayan classic story in this thesis consists of pop-up book as first media, packaging, paper bag, poster, flyer, crown accessories, x-banner, t-shirt, stickers, and catalogs as a supporting media.
Key words : Ramayana, Pop-up, Humanities, Imagination.
Actions (login required)
|
View Item |