Dewa Putu , Satrya Yudanta
(2013)
PERNCANGAN BUKU MENGENAL ORNAMEN BALI UNTUK USIA REMAJA.
Documentation.
Isi Denpasar.
Abstract
Abstrak
Seiring munculnya seni modern, keberadaan ornamen Bali mulai dilupakan dan tak dapat dipungkiri sebagian besar kebudayaan asing telah kita adopsi. Bahkan tak jarang merasa malu untuk menunjukan kebudayaan kita sendiri. Sangat disayangkan apabila ornamen Bali sampai mengalami kepunahan karena adanya arus globalisasi dengan masuknya budaya asing, untuk itu sudah sewajarnya kita generasi muda ikut melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang kita miliki. Maka dari itu dibutuhkan pengenalan ornamen Bali secara lebih dekat.
Hasil analisis dan sintesa menunjukkan bahwa masih kurangnya media komunikasi visual sebagai sarana pengenalan ornamen Bali, sehingga dengan adanya media utama buku dan disertai media pendukung yang efektif dan efisien seperti poster, x-banner, mug, pin, spanduk, jam dinding, t-shirt, stiker dan katalog diharapkan mampu memperkenalkan ornamen Bali kepada masyarakat kususnya usia remaja. Dari hal tersebut dibutuhkan suatu konsep dalam perancangannya. Maka diperoleh konsep perancangan tradisi, yaitu desain dirancang berpedoman pada teori-teori lampau yang ada, kemudian dikembangkan dengan tidak mengurangi nilai estetisnya.
Setelah diperoleh konsep, maka dilanjutkan dengan menyusun pola pikir dan pola perancangan, menentukan strategi media dan strategi kreatif sebagai dasar merancang media-media terpilih. Perancangan media terpilih dilakukan dengan membuat 3 alternatif desain dan dipilih 1 desain sebagai desain terpilih berdasarkan penilaian kriteria desain dan unsur visual.
Dengan adanya perancangan buku “mengenal ornamen Bali” untuk usia remaja di Bali ini, diharapkan dapat menumbuhkan ketertarikan remaja akan ornamen Bali dan nantinya buku ini akan dirancang secara bertahap dan berkelanjutan mengenai pengenalan lebih dekat dan juga pengaplikasian ornamen ke dalam kehidupan sehari- hari.
Kata kunci : Perancangan, buku, Ornamen Bali, remaja
Abstract
With the emergence of modern art, where Balinese ornaments were forgotten and there is no doubt most of the foreign culture we have adopted. In fact often felt ashamed to show our own culture. It is unfortunate when the Balinese ornaments to extinction because of the globalization with the influx of foreign culture, it is natural for us young people to help preserve and develop the arts and culture that we have. Thus the introduction of the necessary trappings of Bali up close.
The results of the analysis and synthesis shows that there is still a lack of visual communications media as a means of introduction to Balinese ornaments, so by the major media of books and media with an effective and efficient support such as posters, x-banners, mugs, pins, banners, wall clocks, t-shirts , stickers and catalogs are expected to introduce Balinese ornaments to society especially the adolescence. From this requires a concept in its design. We obtained the design concept of tradition, which is designed based on the design of theories past and then developed with no reducing aesthetic value.
Having obtained the concept, then proceed by arranging patterns of thinking and design, determine the media strategy and creative strategies as a basis for designing the chosen media. The design selected media is done by making three alternative designs and selected one design as the design was chosen based on the evaluation criteria of design and visual elements.
With the design of the book "know Balinese ornaments" for teenagers in Bali, expected to be ornaments foster youth interest in Bali and this book will be designed in phases and the continuous introduction and application closer ornaments into everyday life.
Keywords: design, books, ornaments Bali, teenager
Actions (login required)
|
View Item |