ISI Denpasar | Institutional Repository

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI MINUMAN TRADISIONAL LOLOH BALI

I Made, Suarsana (2015) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI MINUMAN TRADISIONAL LOLOH BALI. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI MINUMAN TRADISIONAL LOLOH BALI) - Cover Image
Download (46kB) | Preview

Abstract

Abtrak Bali yang begitu terkenal yaitu alam yang indah dan budaya yang unik sudah menjadi sesuatu yang lumrah dalam tujuan wisata, namun masih banyak peluang yang bisa dikembangkan untuk menjadi daya tarik pariwisata, salah satunya adalah kuliner. Kuliner tradisional yang ditawarkan pun tidak kalah menariknya untuk menjadi sesuatu yang diistimewakan dalam pariwisata. Minuman tradisional Bali sangat beragam macamnya, mulai dari minuman beralkohol maupun obat tradisional Bali. Namun, perlu kita ketahui juga bahwa minuman tradisional Bali yang akrab dengan sebutan “Loloh Bali” merupakan minuman tradisional yang terkenal dengan kesehatannya yang dibuat dari bahan daun, batang, bunga, atau akar tanaman yang digerus dengan menggunakan tangan yang di campur dengan air putih yang sudah di masak. Minuman Tradisional “Loloh Bali” terdiri dari Loloh Kayu Secang, Loloh Temulawak, Loloh Kayu Sembung, Loloh Daun Kayu Manis, Loloh Sambiroto, Loloh Pinduh dan berbagai jenis lainnya yang ditambah dengan madu rasa yang khas dan tidak pahit menjadi minuman keluarga sebagai penangkal penyakit. Jika ini dapat dikomunikasikan dan dikembangkan dengan baik, dapat memperkaya asset budaya bangsa dan menambah nilai sehingga dapat diapresiasikan. Tujuan dalam penilitian ini untuk menciptakan desain media komunikasi visual yang efektif dan sesuai sebagai media sosialisasi minuman tradisional “Loloh Bali”. Dengan demikian penulis mengumpulkan data – data yang berhubungan dengan kasus yaitu tentang “Loloh Bali” yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara di Bali Tangi Denpasar serta data teoritis diolah melalui analisis dan sintesa sehingga diciptakan media komunikasi visual yang tepat ,efesien yang memenuhi kriteria yang ada, media tersebut adalah: gerobak, label kemasan, stiker, X-banner, mug, T-shirt, buku saku, plastik bag, katalog, semua media tersebut dirancang dengan konsen “cartoon be natural” yang memiliki kesan kartun dari gaya visualnya dan natural yang ditimbulkan dari warna hiju pada baground yang dominan memakai warna hijau yang diambil dari warna dedaunan “Loloh Bali” pesan yang disampaikan dengan text yang sangat mewakili isi sosialisasi minuman tradisional “Loloh Bali” terlebih semua pesan telah di isi dalam sosisalisasi tersebut. Kata Kunci : desain, media komunikasi visual, sosialisai, Loloh Bali. Bali is so well known that nature is beautiful and unique culture has become commonplace in a tourist destination, but there are still many opportunities that can be developed to become a tourist attraction, one of which is a culinary. Traditional cuisine offered was not less interesting to be something that is privileged in tourism. Balinese traditional drink very diverse kinds, ranging from alcoholic beverages and traditional Balinese medicine. However, we need to know also that the traditional Balinese drinks that are familiar with the term "Loloh Bali" is a traditional drink made famous by the health of the material leaves, stems, flowers, or roots of the plant are crushed by hand using water mixed with white already in cooking. Traditional drinks "Loloh Bali" consists of Loloh Wood Secang, Curcuma Loloh, Loloh Wood Sembung, Loloh leaf Cinnamon, Sambiroto Loloh, Loloh Pinduh and various other types of honey that is coupled with a distinctive flavor and not bitter for family drinks as an antidote to the disease. If this can be communicated and developed properly, can enrich the nation's cultural assets and add value so that it can be appreciated. The aim in this research to create the design of effective visual communication media and appropriate as a means of socialization traditional drink " Loloh Bali". Thus the authors collected data - the data relating to the case is about " Loloh Bali" obtained from observations and interviews at Denpasar Bali Tangi and theoretical data is processed through the analysis and synthesis that created the right visual communication media, which efficiently meet the existing criteria , the media is: wagon, packaging labels, stickers, X-banners, mugs, T-shirts, booklets, plastic bags, catalogs, all the media are designed with concern "cartoon be natural" arising from the natural color of the Baground dominant hiju wearing green color derived from the color of the foliage " Loloh Bali" message conveyed by the text that represents the content of socialization very traditional drink " Loloh Bali" first of all the contents of the message has been in the socialization. Keywords: design, visual communication media, socialization, Loloh Bali.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 16 Oct 2015 04:57
Last Modified: 16 Oct 2015 04:57
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2145

Actions (login required)

View Item View Item