ISI Denpasar | Institutional Repository

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA KAMPANYE PELESTARIAN SENI UKIR BATU PADAS DI KABUPATEN BANGLI

I Wayan, Suadnyana (2015) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA KAMPANYE PELESTARIAN SENI UKIR BATU PADAS DI KABUPATEN BANGLI. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA KAMPANYE PELESTARIAN SENI UKIR BATU PADAS DI KABUPATEN BANGLI) - Cover Image
Download (169kB) | Preview

Abstract

Seni ukir batu padas merupakan salah satu jenis seni ukir menggunakan bahan batu padas yang didapat secara alamiah. Batu padas itu yang nantinya akan dijadikan media seni ukir dengan menggunakan alat-alat tertentu misalnya pahat. di Kabupaten Bangli terdapat hasil seni ukir batu padas yang dapat dilihat pada beberapa Pura, semisalnya Pura Kehen di Bangli, Pura Ulun Danu Batur di Desa Pakraman Batur, dan Pura Puseh di Srokadan yang merupakan salah satu bukti peninggalan-peninggalan peradaban Bali Kuna khususnya di daerah Kabupaten Bangli. Hal itu membuktikan bahwa seni ukir batu padas di Kabupaten Bangli telah ada sejak zaman Bali Kuna. Perkembangan seni ukir batu padas, jika dilihat pada masa kekinian mengalami penurunan. Karena minat masyarakat di Desa Selat, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli terhadap seni ukir batu padas mulai menurun, untuk itulah perlu diadakan media komunikasi yang tepat dan efektif untuk memberi informasi sekaligus dapat melestarikan seni ukir batu padas kepada masyarakat di Kabupaten Bangli. Tujuan khusus yang ingin dicapai antara lain adalah sebagai berikut. Agar terciptanya media komunikasi visual (iklan layanan masyarakat) yang menarik dan efektif untuk menginformasikan kepada masyarakat, remaja/SMK khususnya yang menekuni ekstra seni ukir batu padas di Kabupaten Bangli mengenai pentingnya melestarikan seni ukir batu padas. Tujuan umum yang ingin dicapai adalah sebagai berikut: Agar masyarakat di Bali mulai sadar untuk melakukan pelestarian terhadap warisan leluhur tentang pentingnya seni ukir batu padas. Sebagai syarat menempuh tugas akhir. Untuk mengetahui proses atau cara dan konsep perancangan media kepada masyarakat, remaja/SMK di Kabupaten Bangli mengenai pentingnya melestarikan seni ukir batu padas. Penulisan ini menggunakan metode pengumpulan data yakni metode pengumpulan data primer yang terdiri dari metode observasi, dan metode wawancara. Sedangkan metode pengumpulan data sekunder terdiri metode kepustakaan dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam menganilisis data yang diperoleh adalahmetode analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui media kampanye yang diperlukan agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian seni ukir batu padas adalah poster, stiker, buku pembelajaran, CD Interaktif, tas kertas/ paper bag. Kata Kunci: Sarana Kampanye, Seni Ukir, Batu Padas ABSTRACT VISUAL DESAIN COMMUNICATIONS AS MEDIUM CAMPAIGN TO CONTINUATION OF ART CARVE LEDGE STONE IN BANGLI REGENCY By I Wayan Suadnyana The carve ledge art stone represent one of the artistic type carve to use got ledge stone materials naturally. That ledge stone will be made by artistic carve media by using certain appliances for example chisel. In Bangli Regency there are result of art carve ledge stone able to be seen some temple, for example Kehen temple in Bangli, Ulun Danu Batur temple in Pakraman Batur, and Puseh temple in Srokadan representing one of the evidence ommissions of Bali Kuna civilization specially in Bangli Regency. That thing prove that ledge stone art carve in Bangli have been there since Bali Kuna. Growth of ledge stone art carve, if seen at a period of nowdays experience of degradation. Because society enthusiasm in Selat Village, Susut District, Bangli Regency with ledge stone art carve start downly, that's require to be performed an effective and correct communications media to give information at the same time can preserve ledge stone art carve to society in Bangli Regency. Special target wishing to be reached for example shall be follows. So that visual communications media creation (society service advertisement) effective and interesting to inform to society, adolescent/ SMK specially elaborating extra art carve ledge stone in Bangli Regency important hitting preserve art carve ledge stone. Target of public which wish to be reached shall be as follows: So that society in Bali start conciousness to continuation of to ancestor heritage about is important artistic carve ledge stone. As condition go through final duty. To know process or way of and concept scheme of media to society, adolescent/ SMK in Bangli Regency important hitting preserve art carve ledge stone. This writing use data collecting method namely method data collecting of primary which consist of observation method, and interview method. While method data collecting of sekunder compose bibliography method and documentation method. Method analyse data which used in obtained by data research is SWOT analyse. Pursuant to result of analysis which can know how to campaign media can be improve awareness of society for the importance of continuation of ledge stone art carve is poster, sticker, study book, CD Interaktive, paper bag. Keyword: Medium Campaign, Artistic Carve, Ledge Stone.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 16 Oct 2015 05:01
Last Modified: 16 Oct 2015 05:01
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2146

Actions (login required)

View Item View Item