Ni Made, Laras Aprilia Arnadiyanthi
(2015)
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK ANANTA BALI AROMATIC.
Documentation.
ISI Denpasar.
Preview |
|
PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK ANANTA BALI AROMATIC)
- Cover Image
Download (63kB)
| Preview
|
Abstract
Ananta Bali Aromatic merupakan salah satu produsen produk spa yang berkembang sejak lama di Bali yang berlokasi di Jalan Pulau Morotai No. 80, Sanglah, Denpasar-Bali. Ananta Bali Aromatic merupakan industri kecil rumah tangga yang menggunakan rempah-rempah sebagai bahan dasar pembuatan produknya. Dalam perkembangannya, perusahaan ini terus berinovasi dan menghasilkan produk baru, antara lain masker untuk wajah dan badan, sabun mandi, bahkan perusahaan ini mendapat kepercayaan dari dinas pertanian dan kelautan untuk membuat body scrub (lulur) dan body butter jenis rumput laut dan lidah buaya. Belum tersedianya desain kemasan dan media promosi menghambat jalannya proses pemasaran. Diperlukan desain komunikasi visual yang tepat agar menghasilkan citra produk baru Ananta Bali Aromatic yang baik dan sesuai dengan karakter yang ingin dicapai perusahaan.
Untuk mendukung proses perancangan digunakan metode pengumpulan data, seperti observasi, wawancara, kepustakaan, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Pada perancangan ini didukung oleh beberapa teori-teori, antara lain teori prinsip desain komunikasi visual, unsur desain komunikasi visual, aspek teknik perwujudan, teori psikologi komunikasi, teori budaya, teori desain kemasan, dan branding. Konsep natural tradisional dipilih sebagai konsep dasar perancangan promosi produk Ananta Bali Aromatic, dimana ilustrasi fotografi dan ornamen yang diproses dengan digital ditambahkan, pemilihan warna hijau untuk memberi kesan alami, tipografi yang digunakan adalah huruf arial, optimusprimesemibold, dan parmapetit. Media yang dibuat meliputi label body scrub dan body butter, kemasan masker, kemasan sabun, label shower gel, paper bag, leaflet, folder, iklan majalah, ad-banner dan katalog.
Kata kunci : Desain, Kemasan, Spa, Produk, dan Promosi.
Ananta Bali Aromatic is one of the manufacturers of the spa products developed since long time ago in Bali, located in Morotai Island Road No. 80, Sanglah, Denpasar-Bali. Ananta Bali Aromatic is a small industry of households using spices as the manufacture of its products. During its development, the company continues to innovate and produce new products, such as masks for the face and body, bath soap, even the company won the trust of the department of agriculture and fisheries to make a body scrub and the type of seaweed body butter and aloe vera. Unavailability of packaging design and media promotion impede the course of the marketing process. Required proper visual communication design in order to produce a new product image Ananta Bali Aromatic good and in accordance with the character of the company to be achieved.
To support the design process used data collection methods, such as observation, interviews, literature, and documentation are then analyzed using descriptive qualitative analysis method. In this design is supported by several theories, including the theory of principles of visual communication design, visual communication design elements, technical aspects of the embodiment, communication psychology theory, cultural theory, theory packaging design, and branding. Traditional natural concept chosen as the basic design concept of product promotion Ananta Bali Aromatic, where photography illustrations and ornaments are processed by digital will be added, the green color selection to give an impression of nature, typography used are arial font, optimusprimesemibold, and parmapetit. Media that will be made include labels and body butter body scrub, mask packaging, packaging soap, shower gel labels, paper bags, leaflets, folders, magazine ads, ad-banners and catalogs.
Keywords: Design, Packaging, Spa, Products, and Promotion.
Actions (login required)
|
View Item |