I Gede, Oka Arynatha
(2015)
VIBRASI NADA GONG KEBYAR DALAM WARNA SEBAGAI SUMBER INSPIRASI DALAM MELUKIS.
Documentation.
ISI Denpasar.
Preview |
|
PDF (VIBRASI NADA GONG KEBYAR DALAM WARNA SEBAGAI SUMBER INSPIRASI DALAM MELUKIS )
- Cover Image
Download (53kB)
| Preview
|
Abstract
ABSTRAK
VIBRASI NADA GONG KEBYAR DALAM WARNA
Gong kebyar di lihat dari segi fisik adalah salah satu barungan gambelan Bali yang sebagian besar tungguhanya berjenis perkusi, di buat dari perunggu dan mengunakan laras pelog lima nada atau atut lima. Barungan gambelan gong kebyar ada sekarang mengunakan jenis-jenis tungguhan, yaitu: gangsa guru, pemade, kantil, ketuk, ceng-ceng kecek, ceng-ceng kopyak, kendang(krumpungan, gupekan dan cedugan), trompong,barangan, penyacah, kenyur, jegogan, suling, rebab, bebende, kenong,kempli, kempul, dan gong. Dalam penciptaan ini, pencipta mencoba untuk mengapresiasikan nada-nada keras, lembut, indah, magis, sakral (suci) dari suara alat yang ada dalam satu barungan gong kebyar yang disimbolkan dengan warna dalam karya seni lukis.
Dalam mewujudkan ide-ide serta tema-tema pada karya seni lukis, pencipta terapkan dengan teknik rol dan blur dengan mengunakan cat Akrilik, dilakukan tahap demi tahap secara menyeluruh agar dapat tercipta karakteristik alunan objek nada keras, lembut, indah, magis, sakral (suci) serta objek pendukung lainnya. Dalam perwujudan objek, diungkap melalui gagasan serta imajinasi, sehingga dapat mempresentasikan nada gong kebyar dalam warna ke dalam karya seni lukis.
Hasil dari penciptaan ini sebanyak 12 karya seni lukis dengan judul masing-masing Bebende, Kebyar, Nyogcak, Ceng-ceng, Romon, Batel, Incep, Melodi suci, Keras dan Suci, Tanpa arah, Melodi suling, Nada keras. Melalui karya yang bertemakan Vibrasi Nada Gong Kebyar Dalam Warna Sebagai Sumber Inspirasi Dalam Melukis, pencipta dapat mempresentasikan alunan nada-nada Gong Kebyar sangat beraneka ragam dari keras sampai lembut, sampai tercipta karya lukis abstrak.
Kata Kunci: Vibrasi, Nada Gong Kebyar, Seni Lukis.
ABSTRACK
VIBRATION IN COLOR TONE GONG KEBYAR
Gong Kebyar in view of the physical aspect is one of Balinese gamelan barungan mostly tungguhanya manifold percussion, made of bronze and use pelog five tones or atut five. Barungan gamelan gong Kebyar current use tungguhan types, namely: gangse guru, pemade, kantil, ketuk, ceng-ceng kecek, ceng-ceng kopyak, kendang(krumpungan, gupekan and cedugan), trompong, barangan, penyacah, kenyur, jegogan, suling, rebab, bebende, kenong, kempli, kempul, and gong. On this occasion, the creator try on to appreciate loud tones, soft, beautiful, spooky, sacred (holy) of sound existing tools in one barungan gong Kebyar symbolized by the colors in painting.
In realizing the ideas and themes of the paintings, the creator of the technique applied with rollers and blur by using paint Acrylik, conducted a thorough step by step in order to create objects tone characteristics of the strains of hard, soft, beautiful, spooky, sacral (sacred ) as well as other object. In the materialization of the object, expressed through ideas and imagination, so it can be presented in a color tone gong Kebyar into works of art.
The results of this creation realized 12 works of art with the title of each Bebende, Kebyar, Nyogcak, Ceng-ceng, Romon, Batel, Incep, sacred melodies, Hard and Holy, Tone rebab, flute melodies, loud tone. Through the work entitled Vibration Tone Gong Kebyar In Color, as a source of inspiration in painting, creator in presenting tones Gong Kebyar very diverse from hard to soft, to creote abstract painting.
Keywords: Vibration, Tone Gong Kebyar, Painting Art.
Actions (login required)
|
View Item |