ISI Denpasar | Institutional Repository

PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA BUKU DAN VIDEO TUTORIAL MATA PELAJARAN SENI RUPA PADA SISWA SMA DAN SMK NEGERI DI DENPASAR

Arya Pageh, Wibawa and I Wayan, Agus Eka Cahyadi, S.Sn., M.A and Amoga Lelo, Octaviano, S.Sos., M.Sn (2014) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA BUKU DAN VIDEO TUTORIAL MATA PELAJARAN SENI RUPA PADA SISWA SMA DAN SMK NEGERI DI DENPASAR. Segara Widya, 2 (2). pp. 331-335. ISSN 2354-7154

[img] Image (PNG) (PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA BUKU DAN VIDEO TUTORIAL MATA PELAJARAN SENI RUPA PADA SISWA SMA DAN SMK NEGERI DI DENPASAR (SEGARA WIDYA)) - Cover Image
Download (868Kb)

    Abstract

    Pendidikall sebagai sebuah aktivitas penting dalam mempertahankan kelangsungan bidup manusia mengalami perkembangan yang begitu pesat. Pendidikan sebagai sebuah aktivitas penting tentunya memiliki sebuah proses yang disebut dengan proses belajar mengajar. Proses bela,jar mengajar merupakan proses belajar yang terjadi baik secara langsung deugan menggunakan tutor maupun secm'a tidak langsnng dengan memanfaatkan media. Media yang nmum digunakan dalam proses belajar adalah buku. MenW'ut hasil survey yang dilakukan oleh BPS (Biro Pusat Statistik) didapatkan hasil bahwa minat baca cukup rendah temtama dikalangan siswa. Dengan demikian, tentn perlu adanya altematif media untuk tetUS meningkatkan minat baca dikalangan siswa. Altematif media yang saat ini banyak dikembangkan adalah video tutOliat. Pengembangan media altematif iui perIu diujikan untuk melihat dampak yang terjadi dikalangan siswa. Pengujian dilakukan dengan menggunalmn metode kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan kuesioner. Populasi yang digullakan adalah siswa SMA dan SMK Negeri yang ada di kota Denpasm·. Hasil yang diperoleh adalah penggunaan media berbasis audio video lebih menarik dibandingkan dengan media yang berbasis teks. Keywords: Media pembelajaran, Buku, Video Tutorial Abstract Education as an important activity in maintaining the viability of human experiences a rapid development. Education as an important activity must have a process called teaching· learning process. Teaching and learning process is a learning process that occurs either directly by using a tutor or indirectly by utilizing the media. jVfedia commonly used in the learning process is the book. According to the survey conducted by BPS (Biro Pusat Statistik ICentral Bureau of Statistic~)iI showed that interest in reading is quite low, especially among students. Therefore, this is certainly a need for an alternative media to continue to increase interest in reading among students. Alternative media which is currently widely developed is video tutorials. The development o f this alternative media need'! to be tested to see the effects that occur among students. The tests are carried out by using descriptive quantitative method to distribute questionnaires. The populations used werethe students o.(senior high school and vocational high schools in Denpa.mr. result is the use o f audio-video based media is more interesting than the use (~( text-based Keywords: Media oflearning, Book, Tutorial video

    Item Type: Article
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Publication Unit > Article
    Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
    Date Deposited: 21 Apr 2016 12:08
    Last Modified: 21 Apr 2016 12:08
    URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2206

    Actions (login required)

    View Item