ISI Denpasar | Institutional Repository

Kajian Estetika Tampilan Depan Situs olx.co.id Berbasis Budaya Bali

Arya Pageh, Wibawa (2015) Kajian Estetika Tampilan Depan Situs olx.co.id Berbasis Budaya Bali. Dharmasmrti Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, XIII (26). pp. 88-97. ISSN 1693-0304

[img]
Preview
Image (PNG) - Cover Image
Download (1MB) | Preview
[img] PDF
Download (9MB)
[img] PDF
Download (9MB)

Abstract

Perkembangan seni dan teknologi telah memunculkan berbagai media khususnya media online shopping. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di tiga kota yaitu Jabodetabek, Bandung, dan Yogyakarta didapatkan hasi Ibahwa 47% pengguna internet pernah menggunakan media internet untuk belanja online. Media belanja online terbanyak diakses dan terjadi transaksi adalah situs toko bagus yaitu sebanyak 58% dan paling sedikit adalah ebay yaitu sebesar 1%. Metode pembayaran dalam belallj!-l online terbanyak adalah secara tunai yaitu sebanyak 34,7%. Situs to 0 bagus telah berubah nama menjadi olx. co.id. Melihat fenomena t rsebut, maka masalah yang diperoleh adalah apakah media situs beJanja on line olx.co.id sudah merujuk pada estetika Bali yang berbasis agama Hindu? Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan estetika instrumental berbasis pada obyek. Hasil yang diperoleh adalah peni laian karya sen i berbasis estetika Bal i menggunakan sad angga tersebut . pada situs olx.co.id, masih memiliki kekura gat•. ang sangat spesifik seperti tampilan visual berbasis infonnasi produk, proporsi yang digunakan terutama ukuran huruf, penggunaan \Varna sebagai pembeda informasi dan sebagainya. Sehingga perlu sekalj dibenahi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kata kunci: Estetika, Tampilan Depan Situs olx.co.id, Budaya Bali The development of arts and technology has enabled various medias, particularly the online shopping media to exist and develop. Based on the research conductedin three cities, .!abodetabek, Bandung, and Yogyakarta, it isfound that 47% ofthe internet users tended to use the internet media to have the online shopping service. The most prominent media to be accessed in which there are transactions is the toko bagus site, that is of58% and the lowest number is the ebay. which is only ofJ%. The payment procedure o f the online shopping is mostly in cash that is o f 34.7%. The toko bagus site has changed its name into oIx.co.id According to this phenomenon. then the problem to investigate is related to whether the online site ofolx.co.idhas conformed with the aesthetics ofBali that is based on the Hinduism or not. In this research, the qualitative method was applied with the instrumental aesthetics which is based on the object. The result found through the assessment to the work ofart on the basis ofBalinese aesthetics using sad angga to the site o f olx. co.id is that this site is still having some specific shortcomings as the product b?formation-based visual appearance. the proportion to apply particularly the font size. the colour application to distinguish the iliformation and the like. Therefore. it needs to be improved in order to have maximum result. Keywords: Aesthetics. Visual Appearance ofthe olx.co.id site. Balinese Culture

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 21 Apr 2016 06:24
Last Modified: 08 Jul 2022 07:46
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2208

Actions (login required)

View Item View Item