ISI Denpasar | Institutional Repository

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI KARYA BALI RUMAH USAHA PATUNG UKIR KAYU DI DESA BATUBULAN KANGIN, SUKAWATI, GIANYAR

I Gusti Bagus, Narendra Mahardika (2016) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI KARYA BALI RUMAH USAHA PATUNG UKIR KAYU DI DESA BATUBULAN KANGIN, SUKAWATI, GIANYAR. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI KARYA BALI RUMAH USAHA PATUNG UKIR KAYU DI DESA BATUBULAN KANGIN, SUKAWATI, GIANYAR) - Cover Image
Download (108kB) | Preview

Abstract

Bali dikenal dengan masyarakatnya yang artistik. Beragam seni berkembang di daerah ini, yaitu seni ukir patung, seni musik, seni tari dan seni lukis. Hampir setiap desa dan wilayah di Bali memiliki hasil kerajianan patung ukir, namun yang menjadi ikon seni ukir patung adalah Kabupaten Gianyar. Salah satu desa yang menjadi pengrajin patung kayu adalah desa Batubulan Kangin. Metode yang digunakan untuk proses perancangan terdiri dari metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan metode analisis SWOT. Teori yang digunakan dalam kasus ini adalah teori pemasaran yang lebih menekankan pada strategi promosi penjualan (sales promotion). Kemudian diolah melalui analisis aktual, faktual, dan sintesa sehingga diperoleh konsep “elegan” yang digunakan sebagai acuan dalam perancangan media promosi Karya Bali, namun tetap berpatokan pada prinsip desain dan unsur komunikasi visual yang sudah ada Setelah melewati proses identifikasi kasus dan pembuatan konsep, maka dipilihlah media yang akan digunakan antara lain Neon Box, Roll Up Banner, Flyer , Kartu Nama, Sticker, Poster, Katalog Produk, Iklan majalah , T-shirt dan Katalog. Diharapkan media komunikasi visual yang dirancang hendaknya digunakan secara maksimal untuk mencapai target sasaran dengan memperhatikan perilaku sosial di masyarakat, sehingga informasi dari media komunikasi akan tersampaikan dengan efektif. Kata Kunci : Promosi, Karya Bali, Desain Komunikasi Visual Bali is known for its artistic community. Diverse art flourished in this area, namely the art of carving sculpture, music, dance and painting. Almost every village and region in Bali has carved handricraft sculpture results, but the iconic sculpture statue is Gianyar regency. One of the villages that became craftsmen wood sculpture is Batubulan Kangin. The method used for the design process consists of observation, interviews, and documentation. From the data obtained were then analyzed using SWOT analysis method. The method used for the design process consists of observation, interviews, and documentation. From the data obtained were then analyzed using SWOT analysis method. The theory used in this case is a marketing theory that a greater emphasis on sales promotion strategies (sales promotion). Then processed through an analysis of actual, factual, and synthesis in order to obtain the concept of "elegant" is used as a reference in the design of promotional media for Karya Bali, but still based on the principles of design and visual communication elements of the existing After passing through the process of identifying cases and drafting, the chosen media will be used, among others, Neon Box, Roll Up Banner, Flyer, Cards, Sticker, Poster, Product Catalog, magazine ads, T-shirts and Catalog. Expected visual communication media should be used optimally designed to achieve the target by observing social behavior in the community, so that information from the communications media to be delivered effectively. Keywords: Promotion, Karya Bali, Visual Communication Design

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 25 May 2016 01:11
Last Modified: 25 May 2016 01:11
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2248

Actions (login required)

View Item View Item