ISI Denpasar | Institutional Repository

MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI ARTHA SILVER DI SINGAPADU, GIANYAR, BALI

I Made, Budana (2016) MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI ARTHA SILVER DI SINGAPADU, GIANYAR, BALI. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
PDF (MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI ARTHA SILVER DI SINGAPADU, GIANYAR, BALI) - Cover Image
Download (105kB) | Preview

Abstract

Kerajinan perak merupakan salah satu jenis perhiasan yang dewasa ini semakin diminati oleh masyarakat sebagai sarana mempercantik diri, dan juga dijadikan sebagai investasi. Hal ini memicu maraknya bermunculan perusahaan pengrajin perak atau silversmith sekaligus semakin ketatnya persaingan yang terjadi diantara perusahaan pengrajin perak, khususnya di kawasan desa Singapadu, Sukawati, Gianyar. Artha Silver merupakan salah satu perusahaan perak merasakan dampak dari fenomena tersebut. Dalam hal ini media promosi sangat dibutuhkan oleh Artha Silver untuk mempromosikan kembali produk yang diproduksi kepada masyarakat, sekaligus merangsang minat masyarakat untuk membeli produk dari perusahaan Artha Silver. Dari hal tersebut, dapat dirumuskan masalah seperti media komunikasi visual apa saja yang efektif dan komunikatif sebagai sarana untuk mempromosikan Artha Silver di Singapadu, dan bagaimana merancang media komunikasi visual yang efektif dan komunikatif sebagai sarana promosi Artha Silver di Singapadu? Melalui metode penelitian, dan data-data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi di perusahaan Artha Silver, teori yang digunakan dalam kasus ini adalah teori pemasaran yang lebih menekankan pada strategi promosi penjualan (sales promotion). Kemudian diolah melalui analisis aktual, faktual, dan sintesa sehingga diperoleh konsep “elegan” yang digunakan sebagai acuan dalam perancangan media promosi Artha Silver, namun tetap berpatokan pada prinsip desain dan unsur komunikasi visual yang sudah ada. Media yang dirancang sebagai sarana promosi Artha Silver adalah neon box, iklan majalah, car branding, packaging, billboard, flyer, x banner, t-shirt, paper bag, dan katalog. Media ini dipilih karena dilihat dari jangkauan informasi dari setiap media cukup luas dan memiliki fungsi masing-masing yang saling mendukung. Kata Kunci : Artha Siver, Media promosi. The silver is one type of adult jewelry is increasingly in demand by the public as a means to beautify themselves, and also used as an investment. This triggers a rise of emerging companies silversmith Silversmith at the same or increased competition among and between companies silversmith, especially in rural areas Singapadu, Sukawati, Gianyar. Artha Silver is one silver company felt the impact of the phenomenon. In this case the media campaign is needed by Artha Silver to promote products manufactured back to the community, while stimulating public interest to purchase products from the company Artha Silver. From this, problems can be formulated as visual communication media what is effective and communicative as a means to promote Silver in Singapadu Artha, and how to design effective visual communication media and communicative as a promotional tool Artha Silver in Singapadu? Through research methods, and data obtained from the results of observations, interviews, literature and documentation in enterprise Artha Silver, the theory used in this case is a marketing theory that a greater emphasis on sales promotion strategies (sales promotion). Then processed through an analysis of actual, factual, and synthesis in order to obtain the concept of "elegant" is used as a reference in the design of promotional media Artha Silver, but still based on the principles of design and visual communication elements that already exist. Media that is designed as a promotional tool Artha Silver is neon box, magazine ads, car branding, packaging, billboards, flyers, x banner, t-shirts, paper bag, and catalogs. Media have been seen out of the reach of each media information is quite extensive and has the function of each are mutually supportive. Key Word : Artha Silver, Promotion media

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 01 Jun 2016 00:06
Last Modified: 01 Jun 2016 00:06
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2251

Actions (login required)

View Item View Item