ISI Denpasar | Institutional Repository

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA KAMPANYE PEMELIHARAAN ANJING DENGAN BAIK OLEH ORGANISASI BARC DI BALI

Dewa Putu, Ega Sattwika Utama (2016) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA KAMPANYE PEMELIHARAAN ANJING DENGAN BAIK OLEH ORGANISASI BARC DI BALI. Documentation. ISI Denpasar.

[img] PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANAKAMPANYE PEMELIHARAAN ANJING DENGAN BAIK OLEH ORGANISASI BARC DI BALI) - Cover Image
Download (96Kb)

    Abstract

    Anjing (Canis lupus familiaris) merupakan hewan yang mampu berpikir, bertingkah laku dan memiliki sifat – sifat yang berbeda layaknya manusia. Di Indonesia, Bali merupakan rumah bagi populasi anjing terbesar, Seluruh masyarakat Bali umumnya memelihara anjing setidaknya satu di dalam rumah, sebagai peliharaan, teman, ataupun penjaga rumah. Bahkan menurut kepercayaan orang Bali anjing merupakan hewan yang sakral karena disebut sebagai Swarga Rohana Parwa seperti yang disebutkan pada rangkaian cerita Mahabharata. Sayangnya kesadaran dan edukasi masyarakat masih kurang tentang anjing mengenai pemeliharaan, karenanya banyak anjing yang ditelantarkan begitu saja saat anjingnya terkena penyakit. Yang berakibat terhadap tingginya angka anjing liar di Bali. Anjing liar banyak menyebabkan masalah, seperti terus berkembang biak, menyebabkan kecelakaan lalu lintas, memakan ternak yang merugikan petani, dan menyebabkan masalah kebersihan lingkungan dan yang marak adalah Rabies. Wabah rabies sudah banyak memakan korban, karena itu gubernur Bali memberi mandate untuk mengeliminasi langung anjing yang liar. Banyak anjing yang tidak tejangkit Rabies pun ikut tereliminasi. Berdasarkan hal itu, Organisasi BARC ingin mengkampanyekan cara pemeliharaan anjing dengan baik untuk membantu menekan angka anjing liar namun dengan cara yang baik. Untuk itu desainer berperan dalam memperbaiki keadaan tersebut dengan mengkampanyekan pemeliharaan anjing melalui media komunikasi visual yang inovatif dan efektif. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk proses perancangan terdiri dari metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan metode analisis data SWOT. Media yang dibuat untuk mengkampanyekan pemeliharaan anjing ini antara lain Icon, Booklet, Web Banner, T-Shirt, X-Banner, Pin, Poster, Stiker, Mug, Iklan Majalah dan Katalog Karya. Dengan konsep perancangan Simplicity in Solidarity yang akan diterapkan kepada desain media untuk mengkampanyekan pemeliharaan anjing, dimana desain dikemas menggunakan teknik ilustrasi gambar tangan dan ornamen Bali yang diolah melalui komputer sehingga menjadi suatu desain yang mampu menarik minat audiens. Kata Kunci: Pemeliharaan Anjing, BARC, Desain Komunikasi Visual. The dog (Canis lupus familiaris) is an animal that be able to think, can act and have a different emotion like human being. In Indonesia, Bali is home to the largest dog population, every family in Bali generally had at least one dog in the house, as pets, friends, or for guarding the house. In fact, according to Balinese belief, dog is an animal that is sacred because it is referred to Swarga Rohana Parwa as mentioned in the Mahabharata Story. Unfortunately, public awareness and education still not enough on pets the dog, so many dogs are abandoned when the dog have disease. Which causes a high number of stray dogs in Bali. Many stray dogs cause problems, as it continues to proliferate, causing traffic accidents, consuming cattle that made farmers loss, and causing hygiene problems and Rabies. Rabies made many victims, because that the governor of Bali give a mandate to eliminate stray dogs. Many dogs thats don’t had Rabies disease also eliminated. According to that, the BARC Organization want to make a campaign for caring a dog with a good way to help reduce the number of stray dogs. Based on that case, designers play a role in improving the situation by campaigning for the caring the dog through innovative and effective visual communication media. Data collection methods used for the design process consists of observation, interviews and documentation. From the data obtained were then analyzed using SWOT analysis method. Media that created to campaign for caring of dog was, Icon, booklets, Web Banners, T-Shirt, X-Banner, Pin, posters, stickers, mugs, magazine ads and catalog. With the design concept of Simplicity in Solidarity which will be applied to the design of the media to campaign for caring of dogs, where the design is packed using hand drawing and illustration techniques Balinese ornaments are processed through the computer so that it becomes a design that is able to attract audience Keywords: Caring Dog, BARC, Visual Communication Design

    Item Type: Monograph (Documentation)
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
    Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
    Date Deposited: 01 Jun 2016 08:15
    Last Modified: 01 Jun 2016 08:15
    URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2253

    Actions (login required)

    View Item