I MADE, ARIK SUMARTA
(2016)
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI BALI MX MOTOCROSS DI DENPASAR BALI.
Documentation.
ISI Denpasar.
Preview |
|
PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI BALI MX MOTOCROSS DI DENPASAR BALI)
- Cover Image
Download (83kB)
| Preview
|
Abstract
Motocross merupakan salah satu jenis olahraga otomotif roda dua yang dipacu pada sirkuit off-road, olahraga ekstrim motocross ini pertama kali muncul berasal dari negara Inggris, Jenis mesin yang digunakan dalam motocross adalah mesin khusus atau biasa disebut SE (Special Engine). Disebut khusus karena memang mesin ini diseting sedemikian rupa untuk akselarasi yang maksimal, sehingga mampu berpacu dengan kecepatan pada kondisi lintasan berlumpur dan gundukan tanah.
Perancangan media promosi melalui desain komunikasi visual yang inovatif dan kreatif adalah solusi yang dapat membantu penyampaian sebuah informasi yang ingin disampaikan oleh Bali MX Motocross kepada masyarakat. Dalam penelitian studi kasus ini menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari metode observasi, wawancara, pustaka dan dokumentasi untuk tahap awal perancangan. Kemudian data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan metode deskritif kualitatif.
Media yang akan dibuat untuk mempromosikan Bali MX Motocross antara lain Neon Box, Iklan Majalah, Car Branding, Papan Petunjuk, Fan page, X-Banner, T-Shirt, Poster, Umbul-Umbul, dan Katalog. Konsep perancangan yang digunakan adalah hard and speed yang kemudian akan diaplikasikan disetiap media promosi Bali MX Motocross. Dalam proses perancangan menggunakan teknik ilustrasi gabungan seperti fotografi dan vektor, serta penggunaan warna yang dipilih sesuai dengan konsep agar perancangan tersebut mampu mewakili Bali MX Motocross kepada audiens sehingga mampu menarik perhatian dan mudah dipahami.
Kata Kunci: Otomotif, Motocross, Bali MX Motocross, Desain Komunikasi Visual.
ABSTRACT
Title :
VISUAL COMMUNICATION DESIGN AS MEDIA PROMOTION
BALI MX MOTOCROSS IN DENPASAR BALI
By :
I Made Arik Sumarta
200906074
Motocross is one type of two-wheel motor sports circuit driven off-road, motocross extreme sports first appeared coming from the United Kingdom, engine type used in motocross is a special machine or so-called SE (Special Engine). Specifically called because this machine to be setup in such a way that the maximum acceleration, so as to pace with the speed of the track conditions and the muddy mound.
Designing a media campaign through visual communication design innovative and creative solutions that can help the delivery of an information to be conveyed by the Bali MX Motocross to the public. In this case study using data collection methods consisted of observation, interviews, libraries and documentation for the early stages of design. The data obtained will be analyzed using qualitative descriptive method.
Media will be made to promote Bali MX Motocross among others Neon Box, Magazine Ads, Car Branding, Board Directive, Fan page, X-Banner, T-shirts, posters, banners, and Catalog. Design concept used is hard and speed which will then be applied in every media campaign Bali MX Motocross. In the design process using techniques such as joint photographic illustrations and vectors, as well as the use of color, selected in accordance with the design concept that is able to represent Bali MX Motocross audience so as to attract attention and easy to understand.
Keywords: Automotive, Motocross, MX Motocross Bali, Visual Communication Design.
Actions (login required)
|
View Item |