P. Gery , Santha
(2016)
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI SMK PARIWISATA WERDHI SILA KUMARA DI SILAKARANG.
Documentation.
ISI Denpasar.
Preview |
|
PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI SMK PARIWISATA WERDHI SILA KUMARA DI SILAKARANG)
- Cover Image
Download (95kB)
| Preview
|
Abstract
SMK Pariwisata Werdhi Sila Kumara ini merupakan SMK yang mempelopori sekolah berbasikkan Pariwisata perhotelan yang ada di daerah Sukawati. SMK Werdi Sila Kumara terletak di Br. Silakarang, Singapadu Kaler, Sukawati, Gianyar Bali, yang berdiri tahun 2007. SMK Wedhi Sila Kumara berdiri dibawah naungan Yayasan Werdhi Sila Kumara Silakarang yang digagas oleh Pengurus adat Banjar Silakarang periode 2004-2009.
Persaingan bukan hanya terjadi di bidang dagang atau sejenisnya, persaingan juga terjadi di dalam dunia pendidikan. SMK Pariwisata Werdhi Sila Kumara yang menargetkan agar bisa menjadi salah satu sekolah yang mampu memenuhi kuota sasaran dengan tenaga pengajar yang akan terus bertambah sesuai dengan pertambahan kuota serta target menjadi sekolah yang mampu go internasional. Untuk itu peranan Desain Komunikasi Visual sangat penting untuk mempromosikan SMK Pariwisata Werdhi Sila Kumara.
Metode pengumpulan data yang digunakan untuk proses perancangan terdiri dari metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang dikumpulkan kemudian dianalisa menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif untuk menentukan konsep dan media-media sosialisasi yang akan dirancang. Dari pengumpulan data sebelumnya, didapatkan pemecahan masalah yang membutuhkan media komunikasi sebagai sarana promosi. Adapun media–media komunikasi visual yang akan dirancang yaitu Billboard, Iklan Majalah, Brosur, Poster, Pin, Map Folder, Flyer, Stiker, X-banner dan Katalog, dimana media tersebut didesain dengan konsep Attractive Edukatif dengan menggunakan gaya visual fotografi periklanan, hand drawing serta gabungan, sehingga SMK Pariwisata Werdhi Sila Kumara dapat bersaing di dunia pendidikan di Bali, khususnya Gianyar.
Kata kunci: Desain Komunikasi Visual, Promosi, Sekolah, SMK Pariwisata Werdhi Sila Kumara di Silakarang.
ABSTRACT
VISUAL COMMUNICATION DESIGN FOR PROMOTION
TOURISM VOCATIONAL SCHOOL WERDHI SILA KUMARA IN SILAKARAG
By: P. Gery Santha
Tourism vocational school Werdhi Sila Kumara is a vocational school with tourism basic located at Sukawati.Tourism vocational school Werdhi Sila Kumara located at the north of Sukawati distric named Br. Silakarang, Singapadu kaler, Sukawati Gianyar-Bali was built on 2007. Werdhi Sila Kumara foundation with the idea come from management of Silakarang hamlet association period 2004-2009.
The competition happen is not only on the business or their other kind. Tourism vocational school Werdhi Sila Kumara’s target is wanna be one of the school which able to fill the quota with getting more instructor with accordance with the quota increase and wanna be an international school. Visual comunicatin design is important to do the promotion for Tourism vocational school Werdhi Sila Kumara.
Data collection methods used for the design process consists of observation, interviews, and documentation. From the data collected and analyzed using qualitative descriptive analysis method for determining the concept and media socialization to be designed. From previous data collection, obtained solving of problems that need the communication media for the promotion. The visual comunicatin media that will be designed are billboard, advertising magazine, brochure, poster, pin, map folder, flyer, sticker, x –banner and catalog with the concept is attractive educative by using the visual style of photography advertising, hand drawing and combination, so the Tourism vocational school Werdhi Sila Kumara can compete on education world in Bali, in Gianyar particular.
Keywords: Visual Communication Design, Promotion, School, Tourism vocational school Werdhi Sila Kumara.
Actions (login required)
|
View Item |