ISI Denpasar | Institutional Repository

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI KOPI KINTAMANI DI KOTA DENPASAR

I Wayan , Andry Gautama (2016) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI KOPI KINTAMANI DI KOTA DENPASAR. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI KOPI KINTAMANI DI KOTA DENPASAR) - Cover Image
Download (90kB) | Preview

Abstract

Kopi Kintamani di hasilkan dari tananman-tanaman kopi arabika Kintamani terbentuk dari varietas-varietas terseleksi sehingga menghasilkan varietas baru yang disebut arabusta atau masyarakat Kintamani menyebutnya kopi kopyor (arob). Pohon kopi ditanam dibawah pohon penaung dan dikombinasikan dengan tanaman lain dan dikelola serta dipupuk organic. cita rasa kopi Kintamani memiliki tingkat keasaman regular yang mencukupi, mutu dan intensitas aroma yang kuat, dengan aroma family buah jeruk (rasa jeruk dan jeruk nipis), dan kekentalan sedang. Kopi Kintamani merupakan produk pertama di Bali, bahkan di Indonesia yang diberikan perlindungan hukum oleh Direktorat Jendral HKI, departemen hukum dan HAM Republik Indonesi dengan sertifikat nomor ID IG 000000001. Pemberian perlindungan Indikasi Geografis kopi Kintamani Bali ini dengan alasan karena kopi Kintamani Bali memiliki sejarah yang panjang, oleh karena tradisi budaya lokal serta mutu yang tinggi dan citarasa yang khas. namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui hal tersebut dikarenakan media promosi yang digunakan masih sangat minim. Bila dilihat dari segi visualnya, kopi Kintamani masih minim media promosi yang dapat menarik minat konsumen. Untuk itu peran desiner adalah dapat membantu mempromosikan kopi Kintamani untuk meningkatkan citra kopi kintamani sebagai kopi khas Bali melalui media komunikasi visual. Sehingga dapat meningkatkan citra kopi Kintamani sebagai kopi khas Bali dan juga meningkatkan pendapatan petani kopi di Kintamani. Metode yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif. Untuk mempromosikan kopi Kintamani di Kota Denpasar ini diperlukan desain visual untuk mempengaruhi khalayak sasaran. Media yang digunakan berupa Logo, Paper Cup, Brosure, Stiker, T-shirt, Facebook, Tote Bag, Booth, Packaging, X Banner serta Katalog. Kata Kunci : Kopi, Kintamani, Arabika, Bali ABSTRACT VISUAL COMMUNICATION DESIGN AS COFFEE KINTAMANI MEDIA PROMOTION IN DENPASAR By: I Wayan Andry Gautama Kintamani coffee is produced from plants formed from the Kintamani arabica coffee varieties are selected so as to produce a new variety called Arabusta or call Kintamani coffee community kopyor (arob). Coffee trees grown under shade trees and in combination with other plants and is managed and nurtured organic. Kintamani coffee flavor has sufficient acidity regular, quality and intensity of the strong aroma, with scents family citrus fruit (orange and lemon flavors), and the viscosity of the medium. Kintamani coffee is the first product in Bali, even in Indonesia given legal protection by the Directorate General of IPR, legal and human rights department of the Republic Indonesi certificate IG ID number 000000001.The provision of protection of Geographical Indications Kintamani coffee is the reason for Kintamani coffee has a history long, because of local cultural traditions as well as high quality and distinctive flavor. but there are still many people who do not know about it because of the media campaign that used to be very minimal. When viewed in terms of its visual, Kintamani coffee is still minimal media campaign can attrack consumers Desiner for that role is to help promote coffee Kintamani Kintamani coffee to enhance the image of Bali as a specialty coffee through the medium of visual communication. So as to improve the image of Kintamani coffee as coffee Balinese and also increase the income of coffee farmers in kintamani. The method used in this design using data collection methods consisted of observation, interviews and documentation. From the data obtained were then analyzed using descriptive qualitative data analysis method. To promote Kintamani coffee in Denpasar is necessary visual design to influence target audiences. The media used in the form of logo, Paper Cup, Brosure, Stickers, T-shirts, Facebook, Tote Bag, Booth, Packaging, X Banner and Catalog. Keywords: Coffee, Kintamani, Arabica, Bali

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 18 Jul 2016 01:15
Last Modified: 18 Jul 2016 01:15
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2284

Actions (login required)

View Item View Item