ISI Denpasar | Institutional Repository

MEMBONGKAR IDEOLOGI DI BALIK PRODUKSI DAN IMPLIKASI MEDIA PROMOSI PARIWISATA BUDAYA DI BALI

A.A Gde, Bagus Udayana, S.Sn., M.Si (2016) MEMBONGKAR IDEOLOGI DI BALIK PRODUKSI DAN IMPLIKASI MEDIA PROMOSI PARIWISATA BUDAYA DI BALI. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
Image (PNG) (MEMBONGKAR IDEOLOGI DI BALIK PRODUKSI DAN IMPLIKASI MEDIA PROMOSI PARIWISATA BUDAYA DI BALI) - Cover Image
Download (100kB) | Preview

Abstract

Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah terwujudnya media promosi pariwisata budaya Bali yang benar-benar menunjukkan implementasi Tri Hita Karana. Terkait dengan tujuan ini, target khusus yang hendak dicapai adalah gambaran tentang ideologi yang ada di balik marginalisasi ideologiTri Hita Karana dalam media promosi pariwisata budaya Bali. Metode yang hendak digunakan dalam rangka mencapai tujuan dan target tersebut di atas adalah metode penelitian kualitatif yang mencakup teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara mendalam, pengamatan, dan penggunaan dokumen. Wawancara dilakukan terhadap para pihak terkait, seperti Dinas Pariwisata Provinsi Bali, dan Dinas Pariwisata Kota/Kabupaten Denpasar, Badung, Tabanan, dan Gianyar, serta perusahaan di bidang pariwisata dan perusahaan di bidang disain grafis di Bali. Pengamatan dan penggunaan dokumen dilakukan dengan mencermati papan reklame terkait pariwisata serta dokumen-dokumen berupa foto, brosur, leaflet, dan iklan tabloid yang mempromosikan pariwisata yang diproduksi oleh para pihat terkait tersebut di atas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada , ideologi pasar/kapitalisme,yang memarginalkan ideologi Tri Hita Karana pada media promosi pariwisata budaya Bali. Menurut pandangan para pihak yang berkecimpung dalam industri pariwisata, media promosi pariwisata budaya Bali yang dikonstruksi dengan berorientasi pada berbagai ideologi dan kepentingan tertentu telah membawa berbagai implikasi pada pencitraan Bali sebagai daerah pariwisata. Adapun implikasinya itu adalah: Bali sebagai daerah budaya pariwisata Balidalam identitas manusia dan kebudayaan Bali. Kata kunci : Pariwisata budaya, ideologi, produksi dan implikasi media promosi pariwisata

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 24 Jan 2017 04:19
Last Modified: 24 Jan 2017 04:19
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2366

Actions (login required)

View Item View Item