I GUSTI AYU , SUKA ARYANINGSIH
(2016)
ARTIKEL KARYA SENI BELAJARAN TARI CONDONG DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BUDAKELING, KARANGASEM.
Documentation.
ISI Denpasar.
Preview |
|
PDF (ARTIKEL KARYA SENI BELAJARAN TARI CONDONG DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BUDAKELING, KARANGASEM )
- Cover Image
Download (107kB)
| Preview
|
Abstract
ABSTRAK
Penelitian yang berlokasi di Budakeling, Karangasem dengan pendekatan kualitatif ini mengkaji tentang tahapan-tahapan pembelajaran, hasil pembelajaran serta hambatan pada pembelajaran tari Condong dengan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 2 Budakeling, Karangasem yang bertujuan untuk memahami dan mengetahui secara benar tentang tahapan-tahapan, hasil pembelajaran dan hambatan pada pembelajaran tari Condong dengan media audio visual. Teori yang digunakan dalam penelitian ini dengan teori estetika, teori belajar dan teori media pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tahapan pembelajaran tari Condong dengan media audio visual telah dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan pada proses penelitian, yaitu tahap persiapan, tahap latihan, tahap pengayaan serta tahap evaluasi dan dalam proses pembelajarannya menggunakan metode ceramah, demonstrasi serta dilengkapi dengan metode audio visual.
Hasil pembelajaran tari Condong dengan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 2 Budakeling tergolong baik, hasil penilaian tari membuktikan bahwa nilai rata-rata sebelumnya sebesar 74,3 dan telah meningkat menjadi 76. Peningkatan hanya terjadi sebesar 1,7, yang berarti peningkatannya tidak signifikan, karena adanya minat dan bakat siswa belum memiliki kualitas yang memadai. Selain itu materi tari yang diberikan sebelumnya berupa tari Panyembrama dengan tingkat kesulitan yang lebih rendah dari tari Condong, namun pada prinsipnya pembelajaran tari dengan metode media audio visual telah mampu meningkatkan prestasi nilai siswa dalam keterampilan menari.
Hambatan yang dihadapi yaitu hambatan internal dan eksternal, hambatan internalnya terdapat pada kemampuan siswa dalam menyerap pembelajaran dan juga mengenai bakat dan minat yang dimiliki para siswa sangat mempengaruhi kemampuan belajar yang berimplikasi pada rasa percaya diri masing-masing siswa. Hambatan faktor eksternal yang mempengaruhi dalam proses pembelajaran praktek tari muncul dari keadaan lingkungan sekitar siswa yang kurang memadai, begitu juga keadaan ekonomi keluarga sebagai penghambat proses pembelajaran secara mandiri.
Kata kunci: pembelajaran, tari condong, media audio visual.
Actions (login required)
|
View Item |