ISI Denpasar | Institutional Repository

ARTIKEL KARYA SENI PROSES PEMBELAJARAN BERMAIN DRAMA GONG BAGI SISWA KELAS XII AP 1 SMK PGRI PAYANANG

I Kadek, Lamat (2016) ARTIKEL KARYA SENI PROSES PEMBELAJARAN BERMAIN DRAMA GONG BAGI SISWA KELAS XII AP 1 SMK PGRI PAYANANG. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
PDF (ARTIKEL KARYA SENI PROSES PEMBELAJARAN BERMAIN DRAMA GONG BAGI SISWA KELAS XII AP 1 SMK PGRI PAYANANG) - Cover Image
Download (107kB) | Preview

Abstract

Abstrak Drama Gong sebagai materi dalam mata pelajaran Seni Budaya telah diberikan kepada siswa kelas XII AP (Akumodasi Perhotelan) sejak tahun 2010. Mata pelajaran Seni Budaya sebelumnya diberikan materi Musik, Seni Rupa, dan Seni Tari. Pada tahun 2015 Siswa kelas XII AP 1 ditugaskan membuat suatu garapan Drama Gong yang berjudul “Sawung Galing”. Siswa kelas XII AP 1 dibagi menjadi dua kelompok, sebagian menjadi pemain Drama Gong dan sebagian lainnya menjadi pengiring/penabuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tiga aspek pembelajaran yakni: Proses pembelajaran, tahapan-tahapan pembelajaran, hasil pembelajaran. Metode atau teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dokumen. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk penyajian informal yang merupakan penyajian hasil analisis dengan cara naratif. Sumber data diperoleh dari referensi buku paket seni budaya dan beberapa hasil wawancara dari guru pengajar seni budaya di SMK PGRI Payangan. Proses pembelajaran di SMK PGRI Payangan, menggunakan Kurikulum 2013. Tahapan–tahapan proses pembelajaran Drama Gong, guru terlebih dahulu mengajarkan teori dan menonton sebuah video Drama Gong supaya siswa mengetahui Drama Gong dan asal-usulnya. Setelah itu guru mengajarkan praktek bermain Drama Gong dengan tahap demi tahap, seperti tahap teknik pengungkapan gagasan, penyusunan naskah drama, analisis naskah drama, pemilihan pemeran atau karakter (pemain), belajar menghafalkan naskah dan mempelajari karakter sebagai pemain, praktek sambil membawa naskah, praktek tanpa teks, penggabungan dengan musik, dan selanjutnya tahap pemantapan sampai mencapai hasil yang maksimal. Hasil proses pembelajaran diukur dengan dua kategori yaitu ujian teori dan praktek. Ujian teori dilaksanakan pada UAS, dan ujian praktek dilaksanakan di pura-pura se-kecamatan payangan. Hambatan yang ditemukan dalam pembelajaran bermain Drama Gong dengan Kurikulum 2013 berupa tata cara penilaian saja dan juga mengenai tahap analisis naskah drama yang menggunakan bahasa Bali alus. Kata Kunci: Pembelajaran, bermain Drama Gong.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 04 Jul 2017 01:49
Last Modified: 04 Jul 2017 01:49
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2414

Actions (login required)

View Item View Item