ISI Denpasar | Institutional Repository

ARTIKEL KARYA SENI PENINGKATAN HASIL BELAJAR TARI PUSPAWRESTI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TAMANBALI BANGLI TAHUN AJARAN 2015/2016

Ni Kadek, Novia Santi (2016) ARTIKEL KARYA SENI PENINGKATAN HASIL BELAJAR TARI PUSPAWRESTI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TAMANBALI BANGLI TAHUN AJARAN 2015/2016. Documentation. ISI Denpasar.

[img] PDF (ARTIKEL KARYA SENI PENINGKATAN HASIL BELAJAR TARI PUSPAWRESTI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TAMANBALI BANGLI TAHUN AJARAN 2015/2016 ) - Cover Image
Download (22Kb)

    Abstract

    Abstrak Novia Santi, Ni kadek. 2016. “Peningkatan Hasil Belajar Tari Puspawresti Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Tamanbali, Bangli Tahun 2015/2016”. Skripsi, Pendidikan Sendratasik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut seni Indonesia Denpasar. Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media. Sementara secara multidimensi pembelajaran SBK mengembang-kan kemampuan dalam pengamatan, pengetahuan, pemahaman, analisis, dan penilaian. Sedangkan secara multikultural pembelajaran SBK mengembangkan kesadaran dan kemampuan berapresiasi terhadap keragaman budaya daerah sendiri, budaya nusantara maupun budaya mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tari Puspawresti melalui pemanfaatan media audio visual pada siswa kelas V SD N 3 Tamanbali Bangli, guru seni budaya menginginkan metode pembelajaran yang menarik dan digunakannya media audio visual dalam pembelajaran, untuk menimbulkan keaktifan pada peserta didik agar hasil belajar tari dapat meningkat. Pemilihan tari puspawresti dalam penelitian ini dikarenakan tari puspawresti memiliki gerak dasar tari yang mudah dipelajari bagi peserta didik yang baru pertama kali mempelajari tari. Teori yang digunakan adalah teori penelitian tindakan kelas PTK, dimana fokus dalam penelitian ini adalah memperbaiki pembelajaran di dalam kelas agar tidak menimbulkan rasa bosan pada peserta didik melainkan rasa bersemangat dan menstimulus peserta didik agar lebih aktif di setiap pembelajaran yang sedang berlangsung agar peningkatan hasil belajar pada peserta didik meningkat setelah digunakannya metode PTK. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada akhir Pebruari sampai dengan akhir bulan April 2016 . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Tamanbali Bangli, yang berjumlah 27 siswa.metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data digunakan deskripsi hasil pelaksanaan pembelajaran dan tanggapan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus atau 2 putaran, pada siklus I dilakukan dalam lima kali pertemuan dan siklus II dilakukan dalam tiga kali pertemuan, setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, implementasi tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan nilai dari rata-rata 65,66 terjadi peningkatan pada siklus I menjadi rata-rata 73,62 dan rata-rata 80,81 pada siklus II. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran Tari Puspawresti melalui pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dengan adanya peningkatan nilai siswa yang telah mencapai batas KKM yaitu 75. Kata kunci : Hasil belajar tari puspawresti, media audio visual

    Item Type: Monograph (Documentation)
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
    Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
    Date Deposited: 04 Jul 2017 11:50
    Last Modified: 04 Jul 2017 11:50
    URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2420

    Actions (login required)

    View Item