ISI Denpasar | Institutional Repository

ARTIKEL KARYA SENI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 3 LEBIH

NI MADE, DIAN PURNAMI SUCI (2016) ARTIKEL KARYA SENI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 3 LEBIH. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
PDF (ARTIKEL KARYA SENI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 3 LEBIH) - Cover Image
Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Metode sebagai piranti yang sangat penting dalam sebuah proses pembelajaran. Variasi sebagai inovasi metode menjadi penentu arah dan capaian peserta didik dalam mengamalkan point-point penting dari materi pelajaran. Problem inti dari lemahnya sistem pendidikan di Indonesia adalah kurang aktif atau kurang agresifnya para guru dalam mengembangkan metode belajar yang efektif dan efesien. Masalah ini jika dibiarkan berlarut-larut, maka sikap autis dan apatis dari peserta didik akan semakin menjadi-jadi. Penelitian ini mencoba melihat penerapan sebuah metode belajar pada kelas empat di SD Negeri 3 Lebih, Desa Lebih, Gianyar. Metode tersebut adalah Role Playing (bermain peran), dengan melihat fenomena-fenomena seperti, siswa prustasi padahal berprestasi, berkembangnya bahasa ‘gado-gado’, kemalasan dan kebosanan saat mengikuti proses belajar-mengajar dalam kelas. Sebagai penunjang, maka digunakan beberapa teori, berupa teori pembelajaran untuk mengetahui bagaimana proses kegiatan belajar mengajar yang juga berperan dalam menentukan keberhasilan peserta didik, teori Psikologi Perkembangan Anak guna mengetahui bagaimana perubahan prilaku yang dialami anak setiap siklusnya. Pendekatan yang digunakan adalah perspektif kualitatif yang hasil datanya diuraikan secara deskripstif. Cakupan tehnik pengumpulan data yang dilakukan yakni observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Role playing (bermain peran) merupakan suatu proses belajar mengajar yang dirancang agar siswa mengalami sendiri dan dapat mengkonstruksi serta menggali sendiri pengetahuan dan pemahaman yang diperolehnya. Metode ini, dikatakan sebagai suatu model pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah siswa dalam menemukan makna diri (jati diri) di dunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok. Melalui penelitian penerapan metode bermain peran dalam proses pembelajaran, hasilnya dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik, mengharuskan mereka menghafal suatu bacaan dengan cepat, mengasah keterampilan peserta didik serta membuat peserta didik lebih cakap dalam berbicara. Kata Kunci: Metode, Role Playing, Pembelajaran.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 18 Jul 2017 07:10
Last Modified: 18 Jul 2017 07:10
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2424

Actions (login required)

View Item View Item