Ni Luh, Risitianti
(2016)
ARTIKEL KARYA SENI PEMBELAJARAN DRAMA MODERN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI KELAS VIII/A SMP NEGERI 1 DENPASAR.
Documentation.
ISI Denpasar.
Preview |
|
PDF (ARTIKEL KARYA SENI PEMBELAJARAN DRAMA MODERN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI KELAS VIII/A SMP NEGERI 1 DENPASAR)
- Cover Image
Download (108kB)
| Preview
|
Abstract
Abtsrak
SMP Negeri 1 Denpasar sebagai lokasi penelitian menerapkan metode ceramah yang paling sering digunakan dalam pembelajaran seni budaya.Pendidik menyampaikan materi secara lisan, peserta didik mencatatnya di buku tulis.Pembelajaran yang berpusat pada pendidik membuat peserta didik cepat merasa bosan dan kurang tertarik, sehingga pembelajaran ini menjadi kurang bermakna dan berdampak pada hasil belajar yang tidak optimal.Metode role playing dijadikanmetode alternatif pembelajaran seni budaya khususnya dalam bidang seni drama. Melalui metode role playing peserta didik mencoba mengeksplorasi tentang hubungan, perasaan, sikap, nilai dan berbagai strategi pemecahan masalah antar manusia dengan cara memperagakan dan mendiskusikannya. Pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk aktif, kreatif dan merasa senang, sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan berdampak pada hasil belajar yang optimal.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik pembelajaran drama modern di SMP Negeri 1 Denpasar, mengetahui proses pembelajaran drama modern menggunakan metode role playing, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajran drama modern dengan metode role playingtersebut. Peserta didik yang diuji coba sebanyak 38 siswa pada kelas VIII/A SMP Negeri 1 Denpasar.Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi wawancara terstruktur, studi dokumen, penerapan metode dan tes.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Proses analisis data ini berusaha mendeskripsikan, menggambarkan fenomena atau hubungan antar fenomena yang diteliti dengan sistematis, faktual dan akurat. Analisis deskriptif ini untuk menganalisis kondisi berdasarkan prinsip pembelajaran drama modern menggunakan metode role playing di Kelas VIII/A SMP Negeri 1 Denpasar.
Penelitianini berupa deskripsi terkait pembelajaran drama modern dengan menggunakan metode role playing di Kelas VIII/A SMP Negeri 1 Denpasar yang hasilnya sangat memuaskan.Penggunaan metode role playing dapat memberikan peserta didik kesempatan untuk berinteraksi, baik dengan peserta didik lainnya maupun dengan pendidik, memberikan kesempatan peserta didik untuk memecahkan permasalahan yang dituangkan ke dalam sebuah cerita,serta memberikan unsur rasa senang dalam penerapan metode role playing. Penerapan metodeini berdampak baik dan positif sesuai hasil belajar yang diharapkan, sehingga metode ini dapat digunakan sebagai acuan untuk pembelajaran seni budaya selanjutnya dalam bidang seni drama.
Kata Kunci :pembelajaran, drama, metode role playing
Actions (login required)
|
View Item |