Ni Luh Putu, Letsu Phyartini
(2016)
ARTIKEL KARYA SENI
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN
TOKOH GALUH DALAM DRAMATRI ARJA
DI SANGGAR SENI SIWARATRI DESA KERAMAS BLAHBATUH GIANYAR.
Documentation.
ISI Denpasar.
Preview |
|
PDF (ARTIKEL KARYA SENI PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TOKOH GALUH DALAM DRAMATRI ARJA DI SANGGAR SENI SIWARATRI DESA KERAMAS BLAHBATUH GIANYAR)
- Cover Image
Download (107kB)
| Preview
|
Abstract
ABSTRAK
Salah satu bentuk seni pertunjukan yang terkenal di Bali adalah Arja Dramatari Arja diduga muncul sekitar tahun1775-1825 pada pemerintahan Raja I Dewa Agung Gede Sakti di Puri Klungkung. Pembelajaran Dramatari Arja di Sanggar Siwaratri belum dilengkapi dengan media pembelajaran, maka dalam penelitian ini dikembangakan media belajar audiovisual. Permasalahan penelitian ada tiga: (1) Bagaimana proses pengembangan video pembelajaran tokoh Galuh dalam Dramatari Arja?; (2) Bagaimana hasil validasi video pembelajaran tokoh Galuh dalam Dramatari Arja melalui uji perorangan?; (3) Bagaimana hasil validasi video pembelajaran tokoh Galuh dalam Dramatari Arja melalui uji kelompok kecil?. Tujuan penelitian ini: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan video pembelajaran; (2) Mendeskripsikan hasil validasi uji perorangan; (3) Mendeskripsikan hasil validasi uji kelompok kecil. Model pengembangan produk digunakan model Elabrasi oleh Charles, M. Reigeluth. Prosedur pengembangan merujuk pada model Borg dan Gall terdiri dari dua tujuan utama: (1) mengembangkan produk, dan (2) menguji keefektivan produk dalam mencapai tujuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilaian berbentuk kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan penyekoran, sedangkan data berupa komentar dan saran dianalisis secara kualitatif. Setelah video pembelajaran terbentuk, maka dilakukan uji ahli untuk menilai video pembelajaran tokoh Galuh dalam Dramatari Arja. Berdasarkan penilaian dari ahli dramatari dan ahli media pembelajaran diperoleh hasil bahwa VCD pembelajaran tokoh Galuh dalam Dramatari Arja sangat layak dan tidak perlu direvisi. Penilaian VCD pembelajaran tokoh Galuh dalam Dramatari Arja oleh pelatih di Sanggar Seni Siwaratri sangat layak. Selanjutnya VCD tersebut di uji coba pada peserta didik sanggar. Hasil validasi pada perorangan dan kelompok kecil menunjukkan bahwa video pembelajaran tokoh Galuh dalam Dramatari Arja masuk dalam kategori sangat layak. Dengan demikian berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran tokoh Galuh dalam Dramatari Arja sudah layak dijadikan media dalam proses pembelajaran dramatari.
Kata Kunci: Pengembangan ,Video Pembelajaran, Dramatari Arja
Actions (login required)
|
View Item |