Ni Wayan, Vinastri
ARTIKEL KARYA SENI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DOLANAN MESIAP-SIAPAN DUTA KABUPATEN GIANYAR PADA PESTA KESENIAN BALI 2009.
Documentation.
ISI Denpasar.
Preview |
|
PDF (ARTIKEL KARYA SENI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DOLANAN MESIAP-SIAPAN DUTA KABUPATEN GIANYAR PADA PESTA KESENIAN BALI 2009)
- Cover Image
Download (27kB)
| Preview
|
Abstract
Abstrak
Vinastri, Ni Wayan. 2016. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Dolanan Mesiap-Siapan Duta Kabupaten Gianyar pada Pesta Kesenian Bali 2009. Skripsi, Pendidikan Sendratasik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar.
Dunia bermain bagi anak-anak telah ditinggalkan sejak tahun 1980-an. Keadaan ini kemungkinan diantaranya dipicu oleh semakin banyaknya piranti dan media tempat bermain bagi anak-anak, seperti mulai ramainya alat-alat permainan import yang didatangkan dari negara tetangga seperti Cina, Malaysia, dan Jepang. Alat-alat permainan itu semakin canggih karena telah menggunakan teknologi modern sehingga lebih menarik perhatian anak-anak untuk memainkannya. Selain itu, permainan modern ini tidak membuat anak-anak kotor. Berbeda halnya dengan permainan tradisional yang ada di Bali, umumnya dilakukan di tempat-tempat yang kotor seperti berdebu bahkan tidak jarang digelar di tempat yang becek.
Mengingat dalam dunia permainan itu merupakan salah satu sarana dalam menumbuh-kembangkan karakter anak menuju bangsa yang beradab, salah satu langkah yang telah diterapkan adalah dengan adanya dolanan anak-anak pada setiap Pesta Kesenian Bali. Dolanan berasal dari kata dolan yang artinya bermain-main. Maka pada tahun 2009 diciptakanlah suatu dolanan yang berjudul Mesiap-Siapan yang dibawakan oleh Kabupaten Gianyar pada Pesta Kesenian Bali tahun 2009.
Teori yang digunakan adalah teori pendidikan karakter, dimana lebih kepada penelitian tentang pendidikan karakter pada dolanan tersebut. Disamping itu juga digunakan teori lainnya yaitu teori bermain, teori estetika karena dolanan ini juga merupakan sebuah seni pertunjukan yang mengandung nilai estetika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti berusaha meneliti secara kualitatif tentang nilai pendidikan yang terkandung dan cara mengemas nilai pendidikan karakter pada dolanan tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai pendidikan yang terkandung dalam dolanan tersebut adalah nilai agama, nilai pancasila, nilai budaya, dan nilai tujuan pendidikan nasional. Sedangkan cara mengemas nilai pendidikan karakter dalam dolanan tersebut yaitu melalui sinopsis dan dialog yang dicantumkan pada lampiran.
Kata Kunci : Permainan Tradisional, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Dolanan Mesiap-Siapan, Duta Kabupaten Gianyar pada Pesta Kesenian Bali 2009.
Actions (login required)
|
View Item |