Ni Wayan, Phia Widari Eka Tana
(2016)
ARTIKEL KARYA SENI PENERAPAN METODE PRAKTIKUM BERDRAMA I JAYA PRANA DAN NI LAYON SARI UNTUK MENGGALI POTENSI SISWA BERMAIN DRAMA DI SMP NEGERI 1 SUKAWATI GIANYAR.
Documentation.
ISI Denpasar.
Preview |
|
PDF (ARTIKEL KARYA SENI PENERAPAN METODE PRAKTIKUM BERDRAMA I JAYA PRANA DAN NI LAYON SARI UNTUK MENGGALI POTENSI SISWA BERMAIN DRAMA DI SMP NEGERI 1 SUKAWATI GIANYAR)
- Cover Image
Download (26kB)
| Preview
|
Abstract
Abstrak
Penelitian ini membahas mengenai kesenian drama yang merupakan suatu perbuatan atau kumpulan pertunjukan prikehidupan orang, yang memiliki unsur-unsur cerita, pelaku drama, drama panggung, drama film, penonton drama dan sutradara. Pendidikan seni drama dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sukawati, Gianyar untuk meningkatkan kemampuan siswa bermain drama, namun ada permasalahan yang ditemukan dalam proses pembelajaran drama yakni, belum dilaksanakan pelatihan drama yang diajarkan kepada siswa baik secara teori maupun praktek, sehingga peneliti tertarik untuk menggali potensi siswa, dalam bidang drama. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan tahapan yang diberikan dalam pembelajaran bermain drama dengan metode praktikum berdrama I Jaya Prana dan Ni Layon Sari untuk menggali potensi siswa bermain drama di SMP Negeri 1 Sukawati, Gianyar; (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran berdrama dengan Metode Praktikum Berdrama I Jaya Prana dan Ni Layon Sari untuk menggali potensi siswa bermain drama di SMP Negeri 1 Sukawati, Gianyar; (3) mendeskrisikan hambatan yang ditemukan dalam pembelajaran drama I Jaya Prana dan Ni Layon Sari melalui metode praktikum di SMP Negeri 1 Sukawati, Gianyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, kepustakaan, dokumentasi serta teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tahapan yang digunakan dalam pembelajaran drama pada siswa kelas VIII/A melalui tahapan (1) penyampaian materi drama; (2) bermain drama dengan metode praktikum; (4) pelatihan membaca naskah; (5) pelatihan adegan drama. Hasil proses pembelajaran bermain drama menunjukan hasil dapat meningkatkan potensi para siswa terlihat dari hasil evaluasi tertulis dan praktek para siswa. Adapun hambatan yang dialami dalam pembelajaran drama tersebut berupa hambatan dalam penyedian sumber belajar; hambatan penyampaian materi pada siswa; hambatan di tempat pembelajaran praktek; hambatan di tempat pementasan.
Kata Kunci: metode praktikum, pendidikan drama, potensi siswa.
Actions (login required)
|
View Item |