ISI Denpasar | Institutional Repository

EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM OPERASIONAL TERHADAP OUTCOME LULUSAN MAHASISWA PROGRAM STUDI SENI RUPA MURNI JALUR PENGKAJIAN DAN JALUR PENCIPTAAN PERIODE TAHUN AKADEMIK 2012/2013

I Wayan , Gulendra and Ni Made, Purnami Utami and I Ketut , Kariana (2015) EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM OPERASIONAL TERHADAP OUTCOME LULUSAN MAHASISWA PROGRAM STUDI SENI RUPA MURNI JALUR PENGKAJIAN DAN JALUR PENCIPTAAN PERIODE TAHUN AKADEMIK 2012/2013. [Experiment]

[img]
Preview
Image (PNG) (EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM OPERASIONAL TERHADAP OUTCOME LULUSAN MAHASISWA PROGRAM STUDI SENI RUPA MURNI JALUR PENGKAJIAN DAN JALUR PENCIPTAAN PERIODE TAHUN AKADEMIK 2012/2013) - Cover Image
Download (129kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian Evaluasi ini dalam jangka pendek bertujuan untuk mengetahui : (1) pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdasarkan kurukulum Berbasis Kompetensi, (2) menemukan kendala yang dihadapi para dosen kajian dan penciptaan dalam pembelajaran di kelas maupun di studio, (3) dampak (outcome) lulusan PSSRM jalur pengkajian maupun penciptaan di masyarakat. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif dengan metode CIPP-O. Manfaat yang diharapkan, bahwa (1) pelaksanaan kegiatan pembelajaran baik di kelas maupun di studio sesuai dengan prinsip Kurikulum Berbasis Kompetensi, (2) capaian standar kompetensi lulusan dari masing-masing jalur, hendaknya relevan dengan kebutuhan masyarakat. Untuk jangka panjang, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai motivasi agar input mahasiswa yang memilih jalur pengkajian dan jalur penciptaan berimbang secara proporsional. Demikian halnya outcome lulusan dari kedua jalur tersebut relevan dengan jenis-jenis pekerjaan yang terdapat di masyarakat. Secara kuantitas memang output lulusan sudah dapat memerankan diri sebagai praktisi seni (penciptaan), maupun ilmuwan seni (pengkajian), tetapi secara kualitas lulusan yang bergerak dalam bidang penciptaan karya seni harus dapat menghasilkan karya yang unggul, demikian halnya sebagai peneliti (ilmuwan) ia harus handal dan tanggap terhadap beragam fenomena seni termasuk perkembangannya dewasa ini. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran dosen Pengkajian maupun Penciptaan telah sesuai dengan program sajian yang tertuang dalam KBK. Terdapat tiga masalah yang dihadapi dosen maupun mahasiswa dalam melaksanakan KBK. Sedangkan output maupun outcome lulusan mahasiswa telah sesuai dengan standar kompetensi yang diharapkan KBK. Disarankan pengelola pendidikan untuk mempertimbangkan penjaluran sejak penerimaan mahasiswa baru, agar input mahasiswa jalur pengkajian berimbang secara proporsional dengan input mahasiswa jalur penciptaan. Kata kunci :Eevaluasi, Kurikulum Berbasis Kompetensi, metode CIPP ABSTRACT The evaluation research in short -term primary objectives to determine (1) Implementation of the learning activities based on competency-based curriculum , ( 2 ) find the obstacles of creation and research in classroom and studio learning, especially in relation to the achievement of the expected competencies of graduates , ( 3 ) impact (outcomes) PSSRM graduate in creation and research study in the community. Data were collected by observation technique, interviews and documentation, and then analyzed descriptively with CIPP - O method. The Expected results that ( 1 ) the implementation of learning activities both in class and in the studio according to the principles of competency -based curriculum ( KBK) , ( 2 ) achievement of competency standards each graduate, should be relevant to the needs of the community . For the long term, the results of the research can be used as motivation order to input of students who choose line research and the creation toward balanced proportionally. Similarly, graduates outcome of these two lines relevant to the kinds of jobs in community. Quantitatively, graduate output already portray themselves as practitioners of the art ( creation ) , as well as artistic scientists (research ), but the quality of the graduates in the field of creation of art works should be able to produce superior work , such as a researcher ( scientist ) he must reliable and responsive to the diverse art phenomena including its development. The results indicate that the implementation of learning activities of lecturer from lines research and creation in accordance with the set out in the KBK program. There are three issues faced by lecturer and students in implementation KBK program. While outputs and outcomes student are in accordance with the competence standards in KBK program. Researcher advice to consider the lines since new admissions, so that student input has balanced proportion to student lines research and creation. Keywords: evaluation, competency -based curriculum, CIPP-O method

Item Type: Experiment
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Fine Art Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 17 Nov 2017 05:41
Last Modified: 17 Nov 2017 05:41
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2532

Actions (login required)

View Item View Item