ISI Denpasar | Institutional Repository

Studi Tentang Proses Pembelajaran Tari Luihing Paksi Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 4 Mendoyo Kabupaten Jembrana

I Gede, Adi Pranata and Rinto, Widyanto and Ni Wayan, Mudiasih (2018) Studi Tentang Proses Pembelajaran Tari Luihing Paksi Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 4 Mendoyo Kabupaten Jembrana. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

[img] PDF (Studi Tentang Proses Pembelajaran Tari Luihing Paksi Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 4 Mendoyo Kabupaten Jembrana)
Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses pembelajaran tari Luihing Paksi di SMP Negeri 4 Mendoyo Kabupaten Jembrana. Tari Luihing Paksi merupakan tari kreasi baru yang diciptakan pada tahun 2003 oleh Ni Putu Sari Nuratningsih. Tarian ini menggambarkan burung Jalak Putih yang mahardika terbang kesana kemari menikmati kehidupan dan alam di sekitarnya. Kajian penelitian ini mengenai proses pembelajaran dan faktor penghambat, serta faktor pendukung kegiatan ekstra-kurikuler tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembe- lajaran tari Luihing Paksi, faktor penghambat, dan faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler yang terdapat di SMP Negeri 4 Mendoyo Kabupaten Jembrana. Kajian tentang proses pembelajaran tari Luihing Paksi ini menggunakan empat teori: teori estetika, pembelajaran, faktor-faktor yang mempengaruhi belajar, serta tari bali. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualiatif. Untuk pengumpulan data dengan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode studi kepustakaan, serta menggunakan metode analisis data secara analisis deskriptif. Hasil penelitian ini bahwa proses pembelajaran ini berlangsung dalam beberapa tahap meliputi, persiapan (preparation), penyampaian (presentation), pelatihan (practice), dan penampilan hasil (performance). Tahap persiapan, guru menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan proses belejar mengajar. Tahap penyampaian, guru sebagai fasilitator dalam proses belajar mengajar, sedangkan siswa yang ditunjuk sebagai tutor untuk menyampaikan materi tari. Tahap pelatihan, siswa melatih kemampuan menari tari Luihing Paksi di sekolah maupun di rumah. Pada tahap penampilan hasil, siswa menampilkan tari Luihing Paksi secara utuh dan dinilai oleh guru. Dalam proses belajar mengajar pada kegiatan ekstrakurikuler tari ini, terdapat pula beberapa faktor yang menghambat dan mendukung yaitu, faktor intern dan faktor ekstern. Kata Kunci: pembelajaran, tari Luihing Paksi, ekstrakurikuler, faktor penghambat, pendukung

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 22 May 2018 02:38
Last Modified: 26 Apr 2021 02:45
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2643

Actions (login required)

View Item View Item