I Gede, Jana Wirotama and I Gede, Mawan and NI Wayan, Mudiasih (2018) Representasi Nilai-nilai Pendidikan Tradisi Terteran Dalam Upacara Usaba Dalem Di Desa Adat Saren Karangasem. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.
PDF (Representasi Nilai-nilai Pendidikan Tradisi Terteran Dalam Upacara Usaba Dalem Di Desa Adat Saren Karangasem)
Download (289kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan kajian pendidikan yang membahas tentang Representasi Nilai-nilai Pendidikan Tradisi Terteran dalam Upacara Usaba Dalem di Desa Adat Saren Karangasem dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan representasi tradisi Terteran dalam upacara Usaba Dalem, karakteristik tradisi Terteran dalam upacara Usaba Dalem dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam tradisi Terteran di Desa Adat Saren Karangasem. Hasil penelitian ini bermanfaat sebagai sebagai referensi bagi pembaca atau peneliti dalam ilmu pengetahuan guna menambah pemahaman tentang nilai-nilai pendidikan dalam sehari-hari. Kajian tentang representasi tradisi Terteran, karakteristik, serta nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam tradisi Terteran ini menggunakan empat teori: teori sistem representasi, teori estetika, teori nilai, dan teori religi. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode studi kepustakaan, serta menggunakan metode analisis data secara deskriptif. Terteran di Desa Adat Saren merupakan perang api yang menggunakan sambuk (sabut kelapa) yang dibakar. Adanya tujuan representasi tradisi Terteran ini agar kita dapat mengetahui arti simbolik yang terkandung dalam tradisi Terteran seperti: penyucian bhuana agung dan bhuana alit, menjaga keseimbangan, pengikat rasa solidaritas, pelestarian budaya, serta pengembangan untuk memajukan desa. Terteran sudah ada sejak zaman dahulu yang diwariskan dari generasi ke generasi. Keunikan Terteran ini terletak pada penggunaan api sambuk yang digunakan untuk saling lempar dan menghasilkan percikan api yang indah. Terteran memiliki gerak yang sederhana dan rangkaian gerakannya tidak beraturan, tergantung dari pengayah. Karakter keras, energik, lincah, tercermin dari gerakan-gerakannya penuh energi dan semangat. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam tradisi Terteran seperti: nilai etika/moral, nilai budaya, dan nilai pendidikan karakter. Kata Kunci: Representasi, Nilai-nilai Pendidikan, Tradisi Terteran, Usaba Dalem
Item Type: | Monograph (Working Paper) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music |
Depositing User: | Jaya Semadi I Gst Ngurah |
Date Deposited: | 22 May 2018 03:29 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 02:31 |
URI: | http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2645 |
Actions (login required)
View Item |