ISI Denpasar | Institutional Repository

Penerapan Metode Pratikum Dalam Pembelajaran Drama Gong Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ubud Gianyar

I Putu Gede, Purnawan and Ni Luh, Sustiawati and I Gede, Mawan (2018) Penerapan Metode Pratikum Dalam Pembelajaran Drama Gong Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ubud Gianyar. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ekstrakurikuler seni drama di SMP Negeri 2 Ubud pertama kali diberikan awal semester ganjil tahun ajaran 2008/2009 dengan peserta 20 orang siswa oleh satu orang guru. Salah satu dari materi drama yang diberikan guru melalui apresiasi (menonton melalui video) adalah drama gong. Guru hanya menugaskan siswa menonton contoh- contoh drama melalui DVD dan Internet dan siswa dituntut bisa bermain drama, tanpa memberikan dasar-dasar dalam bermain drama. Pada tahun ajaran 2010/2011 ekstrakurikuler drama ini semakin sedikit peminatnya, karena keterbatasan guru. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan materi yang diajarkan dalam pembelajaran drama gong pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Ubud Gianyar dengan metode praktikum; (2) mendeskripsikan proses pembelajaran drama gong pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Ubud Gianyar dengan metode praktikum; (3) mendeskripsikan hambatan yang ditemukan dalam proses pembelajaran drama gong pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Ubud Gianyar dengan metode praktikum. Penelitian ini berpendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis datanya digunakan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menguraikan materi drama gong, yaitu (1) teori drama di kelas dengan beberapa sub materi; (2) pengenalan beberapa metode dalam pembelajaran drama gong; (3) teknik atau cara bagaimana dasar-dasar melaksanakan praktek drama; (4) cerita adegan drama untuk dipentaskan. Proses pembelajaran drama gong melalui (1) tahapan persiapan; (2) tahapan pelaksanaan; dan (3) tahap evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan pembelajaran ektrakulikuler drama gong di SMP Negeri 2 Ubud Gianyar berjalan lancar dan hasilnya amat baik. Peserta didik mampu menguasai naskah/cerita, dialog, ekspresi, gerak tubuh, penjiwaan dan penyajian drama. Hambatan yang ditemukan berupa hambatan penyediaan sumber belajar, hambatan penyampaian materi kepada siswa, hambatan tempat pembelajaran praktek drama. Kata kunci : Metode praktikum, pembelajaran, drama gong, ekstrakurikule

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 04 Jun 2018 01:54
Last Modified: 04 Jun 2018 01:54
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2652

Actions (login required)

View Item View Item