ISI Denpasar | Institutional Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran Tari Cilinaya Di SMP Negeri 1 Ubud Gianyar

Ni Luh Putu, Wina Pebriyani and Ni Luh, Sustiawati and I Ketut, Karyana (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran Tari Cilinaya Di SMP Negeri 1 Ubud Gianyar. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran seni tari yang berpusat pada guru (teacher centered) menyebabkan siswa kurang aktif dan kurang dapat mengembangkan keterampilan sosial yang dimiliki, ini berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning). Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran tari Cilinaya yang belum pernah diterapkan di SMP Negeri 1 Ubud. Tujuan penelitian: (1) mengetahui karakteristik tari Cilinaya; (2) mengetahui proses pembelajaran tari Cilinaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (3) mengetahui faktor-faktor yang menghambat proses pembelajaran tari Cilinaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif dan penentuan sampel digunakan teknik purposife sampling. Teknik pengumpulan data digunakan wawancara, observasi, dokumentasi, studi kepustakaan. Teknik analisis data digunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan penyekoran dengan perhitungan rumus persentil, sedangkan data berupa komentar dan saran dianalisis secara kualitatif dan disusun secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD rata-rata hasil belajar seni tari siswa SMP Negeri 1 Ubud berpredikat 1CB 1D dan aktivitas siswa cenderung pasif. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, rata-rata hasil belajar seni tari berpredikat 1CA 1D yang diikuti meningkatnya aktivitas, minat dan kemampuan siswa untuk berinteraksi dengan sesama teman dalam proses pembelajaran. Faktor yang menghambat pembelajaran seni tari dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah faktor internal yaitu kecakapan, perhatian, minat serta bakat yang dimiliki siswa yang berbeda-beda. Faktor eksternal seperti hubungan/relasi antar siswa belum maksimal, alat pelajaran terbatas, ruangan praktik tari terbatas. Kata Kunci: Pembelajaran, kooperatif tipe STAD, tari cilinaya.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:33
Last Modified: 17 Jul 2018 04:33
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2707

Actions (login required)

View Item View Item