ISI Denpasar | Institutional Repository

Studi Tentang Proses Pembelajaran Tari Satya Bharsta Pada Siswa Kelas XII T2 Di SMK Negeri 3 Sukawati, Gianyar

Ni Putu, Puspa Puspitawati and I Gede, Mawan and Ni Ketut, Yuliasih (2018) Studi Tentang Proses Pembelajaran Tari Satya Bharsta Pada Siswa Kelas XII T2 Di SMK Negeri 3 Sukawati, Gianyar. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

Full text not available from this repository.

Abstract

SMK Negeri 3 Sukawati Gianyar dikenal dengan KOKAR (Konservatori Karawitan) merupakan sekolah kejuruan dengan pusat pembelajaran seni. Terutama jurusan seni tari yang selalu diminati oleh kalangan siswa. Pembelajaran seni tari berbagai macam jenisnya, salah satunya diantaranya tari Satya Bhrasta yang diajarkan kepada siswa keals XII T2, tujuan diberikannya tari kreasi ini agar siswa tidak hanya mampu menarikan tari klasik saja, namun perlu mengenal dan mampu menarikan tari kreasi baru yang saat ini diterima baik oleh masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan 3 (tiga) aspek rumusan masalah yakni : karakteristik tari Satya Bhrsata, proses pembelajaran maupun faktor pendukung dan penghambat didalam proses pembelajarana tari Satya Bhrasta. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitiain ini yaitu : teori pembelajaran, teori estetika, teori tari Bali dan teori belajar. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data di lapangan (data primer) dan data skunder dari buku-buku atau studi kepustakaan. Dari data yang diperoleh dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran tari Satya Bhrasta pada siswa kelas XII T2 di SMK Negeri 3 Sukawati, Gianyar menggunakan 4 (empat) tahapan yaitu : tahap persiapan (preparation), tahap penyampaian (presentation), tahapan latihan (practice), dan tahap penampilan (performance). Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran tari Satya Bhrasta ada dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor yang mendukung proses pembelajaran juga ada dua yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi : fakator siswa, niat, dan motivasi siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor guru serta sarana prasarana. Faktor yang menghambat proses pembelajaran ada dua yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal terdiri dari intelegensi dan psikologis sedangkan internal terdiri dari Faktor relasi siswa dengan siswa, alat pelajaran, dan waktu sekolah. Kata Kunci : Proses pembelajaran, tari Satya Bhrasta

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 31 Jul 2018 00:52
Last Modified: 31 Jul 2018 00:52
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2722

Actions (login required)

View Item View Item