ISI Denpasar | Institutional Repository

Pengembangan Video Pembelajaran Puspanjali Di Sekolah Dasar Negeri 1 Singapadu Kaler-Gianyar

Ni Wayan, Esha Pratiwi and Ni Luh, Sustiawati and Ni Wayan, Iriani (2018) Pengembangan Video Pembelajaran Puspanjali Di Sekolah Dasar Negeri 1 Singapadu Kaler-Gianyar. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang berfungsi untuk menjelaskan sebagian dan keseluruhan program pembelajaran yang sulit dijelaskan secara verbal,salah satunya dalam pembelajaran seni tari. Permasalahan di SD Negeri 1 Singapadu Kaler belum memiliki video pembelajaranseni tari. Tujuan penelitian pengembangan ini (1) Mendeskripsikan proses pembuatan video pembelajaran tari Puspanjali; (2) Mendeskripsikan validasi ahli isi, ahli media, dan guru seni tari terhadap video pembelajaran tari Puspanjali; (3) Mendeskripsikan validasi siswa dalam uji coba perorangan terhadap video pembelajaran tari Puspanjali, (4) Mendeskripsikan validasi siswa dalam uji coba kelompok kecil terhadap video pembelajaran tari Puspanjali Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dan proses penelitiannnya melalui (1) tahap pra pengembangan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap pasca pengembangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) yang dilengkapi dengan komentar dan saran dari subyek uji coba. Teknik analisis data yang digunakan adalah analsis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif di analisis dengan menggunakan penyekoran, sedangkan data berupa komentar dan saran dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Puspanjalin diciptakan Dr. N.L.N. Swasthi Widjaja Bandem, SST., M.Hum (penata tari) dan I Nyoman Windha, S.Skar., M.A (penata iringan) tahun 1989. Hasil penilaian uji ahli tari, ahli media dan guru seni tari terhadap VCD pembelajaran tari Puspanjali sangat layak dan tidak perlu direvisi. Hasil uji coba perorangan dan kelompok kecil VCD pembelajaran tari Puspanjali pada siswa SD Negeri 1 Singapadu Kaler-Gianyar yang mengikuti ekstrakulikuler tari menunjukan bahwa video pembelajaran tari Puspanjali sangat layak. Kata kunci : Pengembangan, video pembelajaran, tari puspanjali.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 31 Jul 2018 01:28
Last Modified: 31 Jul 2018 01:29
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2723

Actions (login required)

View Item View Item