Angga, Purnama Putra and I Nengah, Sudika Negara and I Wayan, Agus Eka Cahyadi (2018) Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Sosialisasi Center For Integrated Service Of Smesco (CIS) Kepada UKM Di Denpasar Bali. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan globalisasi terhadap perekonomian Indonesia dan perjanjian seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) membuat banyak warga Bali khususnya di Denpasar, untuk membuka peluang dengan usahanya sendiri dikarenakan pesat dan ketatnya persaingan kerja. Usaha – usaha tersebut disebut juga UKM, di mana UKM tersebut memegang peran penting untuk perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Denpasar. Dengan adanya sebuah UKM menandakan terciptanya lapangan kerja baru, terciptanya produk baru, dan terciptanya inovasi – inovasi baru. Menurut data Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DISKOPUKM) di Denpasar memiliki setidaknya lebih dari tiga puluh ribu UKM yang tersebar di seluruh penjuru Denpasar. Data tersebut hanyalah data UKM yang terdaftar dan dibina oleh pemerintah kota Denpasar, sedangkan masih banyak UKM lain yang belum terdafar dan mendapatkan bantuan binaan oleh Pemerintah saat ini. Mengenai hal tersebut, pemerintah telah membuat lembaga untuk membantu dan membina para UKM – UKM tersebut. Lembaga tersebut adalah Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT – KUMKM) yang sekarang di rubah namanya menjadi Center for Integrated Service of Smesco (CIS). CIS memiliki program yaitu konsultan layanan usaha terpadu dimana para pelaku UKM nantinya dapat berkonsultasi terhadap masalah mereka. Di mana nantinya utnuk membantu meningkatkan daya saing dan mengembangkan para pelaku UKM tersebut. Namun karena masyarakat di Denpasar kurang mengetahui lembaga CIS ini menyebabkan perlu dibuatnya media-media untuk mensosialisasikan tentang keberadaan lembaga ini, dan kelebihan - kelebihan yang bisa di dapatkan para pelaku UKM. Hal tersebut yang menjadi alasan yang tepat untuk diteliti dan dicari solusinya. Dengan menggunakan metode kualitatif yaitu berdasarkan data observasi, wawancara, kepustakaan serta dokumentasi dan ilmu Desain Komunikasi Visual. Ilmu tersebut dianggap dapat menjadi solusi karena dapat menarik perhatian audiens dengan teori –teori yang diterapkan. Beberapa media tersebut diantaranya motion graphic, x banner, notebook, poster, brosur, tote bag, t-shirt, bolpoin, stiker dan katalog. Kata kunci: Globalisasi, UKM, CIS
Item Type: | Monograph (Working Paper) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department |
Depositing User: | Jaya Semadi I Gst Ngurah |
Date Deposited: | 21 Aug 2018 02:30 |
Last Modified: | 21 Aug 2018 02:30 |
URI: | http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2746 |
Actions (login required)
View Item |