I Wayan, Dwima Adinatha and I Nengah, Sudika Negara and Cokorda, Alit Artawan (2018) Perancangan Buku Panduan Teknik Cetak Cukil Pada Kain Di Denpasar. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.
Full text not available from this repository.Abstract
Teknik cetak cukil merupakan sebuah seni grafis yang paling kuno, terlepas dari prosesnya yang rumit dikalangan masyarakat luas teknik cetak cukil masih dinilai sebagai seni yang susah dan rumit. Melihat kondisi tentang permasalah tersebut, Art Of What Ever sebagai salah satu distro yang masih menggunakan teknik cetak cukil melihat tidak adanya sebuah panduan tentang cara pembuatan teknik cetak cukil itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang media buku panduan teknik cetak cukil pada kain yang informatif dan kreatif. Untuk mengetahui Media pendukung apa saja yang digunakan untuk buku panduan teknik cetak cukil pada kain. Manfaat dari penelitian ini adalah menambah wawasan tentang bagaimana tahapan merancang media komunikasi visual sebagai sarana promosi bagi mahasiswa khususnya yang mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual. Hasil penelitian dapat dijadikan referensi untuk mahasiswa yang nantinya akan mengambil tugas akhir. Menambah wawasan mendalam dan pengetahuan tentang teknik cetak cukil lebih detail dan lebih bisa memahami dengan apa yang bakal ditimbulkan dari produk yang mereka gunakan. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, wawancara, dokumentsi dan kepustakan. Setelah data terkumpul, kemudian digunakan metode analisis data deskriptif kualitatif untuk menganalisis data-data terkait kasus yang diangkat. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui dengan media yang tepat adalah Buku Panduan sebagai media utama dan media pendukung antara lain T-Shirt, Totebag, Infografis, Stiker, dan Katalog Karya. Dalam perancangan Buku Panduan Teknik Cetak Cukil Pada Kain Di Denpasar perlu mempertimbangkan teori – teori desain, teori sosial, kriteria desain ( fungsional, komunikatif, informatif, ergonomis, estetis, unity, kreatif, simpility, surprise, etis ), unsur – unsur visualnya ( ilustrasi, tipografi, warna, teks, ukuran, teknik cetak ) serta mempertimbangkan keadaan calon konsumen seperti demografis, geografis, psikografis, behaviora, sehingga akan terwujud media komunikasi visual yang efektif dan komunikatif. Kata kunci : Cukil, Buku Panduan, Desain
Item Type: | Monograph (Working Paper) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department |
Depositing User: | Jaya Semadi I Gst Ngurah |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 02:33 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 02:33 |
URI: | http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2771 |
Actions (login required)
View Item |