ISI Denpasar | Institutional Repository

Pembelajaran Tari Baris Tunggal I Wayan Budiarsa Sebagai Penerus Gaya I Nyoman Kakul Pada Ekstrakurikuler Di Sekolah Dasar Negeri 1 Semarapura Kangin Kabupaten Klungkung

I Made, Darpito and Ni Luh, Sustiawati and Ni Wayan, Mudiasih (2018) Pembelajaran Tari Baris Tunggal I Wayan Budiarsa Sebagai Penerus Gaya I Nyoman Kakul Pada Ekstrakurikuler Di Sekolah Dasar Negeri 1 Semarapura Kangin Kabupaten Klungkung. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tari Baris Tunggal I Wayan Budiarsa dimulai pada tahun 60-an hingga kini. Almarhum I Nyoman Kakul terkenal dengan tari Baris Tunggal gaya Desa Batuan, setelah itu diwariskan kepada I Made Bukel salah satu putra beliau. I Wayan Budiarsa mengkombinasikan gerakan tersebut, tapi tidak mengurangi ciri khas gaya I Nyoman Kakul. Gaya Tari Baris Tunggal I Wayan Budiarsa merupakan hasil pembelajaran ayahnya sendiri, sehingga setiap kali mengadakan pertunjukan selalu diketahui oleh penonton bahwa tari Baris Tunggal tersebut adalah gaya I Wayan Budiarsa. I Wayan Budiarsa belajar tari Baris Tunggal pada tahun 1979, pada umur 6 tahun. Penelitian ini mengkaji tentang karakteristik, proses pembelajaran, faktor penghambat dan faktor pendukung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan, serta menggunakan 3 landasan teori, yakni teori pembelajaran, teori estetika dan teori tari Bali. Proses pembelajaran tari Baris Tunggal I Wayan Budiarsa, menggunakan empat tahap: tahap persiapan (preparation) meliputi: tujuan, sumber, materi, media, metode, pendidik dan peserta didik. Tahap penyampaian (presentation) meliputi tiga tahap kegiatan: kegiatan awal, inti dan akhir. Tahap latihan (practice) dan tahap penampilan hasil (performance). Faktor-faktor yang mendukung proses pembelajaran tari Baris Tunggal I Wayan Budiarsa adalah faktor internal yang meliputi faktor yang ada dalam diri siswa, seperti: tingkat kecerdasan (inteligensi siswa), sikap, perhatian, bakat, minat dan motivasi siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi: faktor keluarga dan faktor sekolah. Kata Kunci: Tari Baris Tunggal, Proses Pembelajaran, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:10
Last Modified: 24 Jan 2019 01:10
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item View Item