ISI Denpasar | Institutional Repository

PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR FABEL ‘KASIAPA KEPUH DAN GAGAK’ SEBAGAI SARANA SOSIALISASIKARMAPHALA OLEH SANGGAR KUKURUYUK PADA ANAK-ANAK DIBALI

Magdalena, Kinasih and Alit Kumala, Dewi and Ni Ketut, Pande Sarjani (2018) PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR FABEL ‘KASIAPA KEPUH DAN GAGAK’ SEBAGAI SARANA SOSIALISASIKARMAPHALA OLEH SANGGAR KUKURUYUK PADA ANAK-ANAK DIBALI. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh , dimana Masyarakat Bali terutama anak-anak belum mengerti apa itu hukum karmaphala. Penulis mengadaptasi cerita ini lewat dongeng karangan Made Taro yang berjudul „Kasiapa Kepuh dan Gagak‟. Dongeng adalah cerita tentang satu peristiwa penuh khayalan serta dianggap masyarakat sebagai suatu hal yang tidak pernah terjadi atau cerita fiksi. Dongeng biasanya merupakan cerita yang telah turun-temurun. Di era globalisasi yang semakin maju, telah banyak karya sastra yang bermunculan dengan berbagai cerita dan tokoh-tokoh yang menarik. Selain itu juga disebabkan oleh kemunculan permainan modern, seperti game pada gadget. permasalahan tersebut, sehingga dirancanglah sebuah buku cerita bergambar berjudul “Kasiapa Kepuh dan Gagak”. Tujuan untuk memperkenalkan kembali cerita ini kepada masyarakat luas melalui media komunikasi visual. Buku akan terealisasikan, beberapa metode yang digunakan dalam merancang buku cergam ini yaitu metode wawancara yang dilakukan dengan mewawancarai Bapak Made Taro, metode dokumentasi dengan melakukan pengambilan gambar foto terkait dengan cerita “Kasiapa Kepuh dan Gagak” dan metode kepustakaan dengan mencari literatur untuk menunjang perancangan cergam ini. Berbagai teori yang digunakan dalam perancangan buku cergam ini menunjang perancangan cergam “Kasiapa Kepuh dan Gagak” ini. Penggabungan teori yang digunakan dengan imajinasi dari perancang maka hasil rancangan yang dapat dibuat yaitu buku cerita bergambar “Kasiapa Kepuh dan Gagak” sebagai media utamanya dan media pendukung yang dapat menunjang media utama yaitu berupa Stiker Kolase, Puzzle, Packaging, Katalog Karya dan Tas Kertas. Kata Kunci: Dongeng, “Kasiapa Kepuh dan Gagak”, Cerita Bergambar

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 25 Apr 2019 02:37
Last Modified: 25 Apr 2019 02:37
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/3174

Actions (login required)

View Item View Item